MAGELANG-- Bersamaan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke XI Kabupaten Magelang, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP bersama dengan Tim Kabupaten Magelang, memverifikasi dan menyatakan Lulus (layak) kepada Kecamatan Windusari, yaitu Kecamatan ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Senin (29/10) di Lapangan Desa Genito Kecamatan Windusari.
Dalam peresmian ini, juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Camat Windusari, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa se-Kecamatan Windusari, Puskesmas Windusari, para Guru dan siswa se Windusari.
Verifikasi ini langsung diberikan oleh Bupati Magelang kepada Camat dan Kepala Desa se-Windusari, dengan memberikan sertifikat Kecamatan ODF dan menyematkan PIN SBS kepada Camat dan Kepala Desa se-Windusari. Dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon udara oleh Bupati Magelang, yang disaksikan oleh para tamu undangan yang datang, kira-kira sebanyak 500 orang.
Bupati Magelang dalam sambutannya mengatakan, secara pribadi saya sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Camat dan para Kepala Desa se-Windusari, karena baru pertama kali dan secara serentak, se-Kecamatan mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan.
Bupati menambahkan, dibalik apresiasi ada tanggung jawab yang besar. Namun saya percaya kalian semua mampu dan sanggup. Karena Kepala Desa mempunyai anggaran yang tidak cukup sedikit, jadi mari dirawat bumi yang kita cintai ini. Dimulai dengan merawat sumber mata air, agar selalu bisa menampung air, dan bisa mengaliri ke setiap warga masyarakat Windusari. Karena dengan air mengalir, pasti kesehatan akan terjamin.
“Di Kabupaten Magelang, program ini saya prioritaskan nomer dua (2). Jadi, mari kita bersama-sama mewujudkan derajat kesehatan. Semoga Windusari menjadi contoh bagi Kecamatan yang lain yang berada di Kebupaten Magelang” terang Bupati Magelang dalam sambutannya.
Dengan lulusnya verifikasi ini, tentu saja membuat masyarakat Windusari merasa senang. Tidak terkecuali Camat Windusari Syihabidin As Shodiqi SSos. Menurut Camat Windusari, hal ini adalah buah kerjasama dengan para element masyarakat yang berada di Kecamatan Windusari tanpa terkecuali.
“Berkat kerjasama Forkopimcam, Lintas Sektor, Kepala Desa dan Lembaga Desa, Windusari berkomitmen Stop ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Dan ini telah diverifikasi oleh Tim Kabupaten dan dinyatakan lulus oleh. Hari ini peresmian Kecamatan ODF oleh Bupati Magelang” jelas Camat Windusari. (pendimmgl)

 
Top