MAGELANG--- Anggota Koramil 05/Secang Sertu Agung Wibowo selaku Babinsa desa Pucang ikut membantu petani memanen padi di Desa Pucang, Kecamatan Secang, Magelang, Kamis (18/10).

Selaku Babinsa dia tak pernah berhenti melakukan kegiatan pendampingan kepada petani, semua ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan.

Komandan Koramil 05/Secang Kapten Arm Suryo Wibowo, mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa bersama penyuluh pertanian mulai dari kegiatan penyuluhan, kemudian bercocok tanam sampai panen dilakukan secara kekeluargaan dan pendekatan kultural sehingga para petani atau masyarakat binaannya dapat menerima dengan baik. Semua itu tentu bertujuan untuk memperlancar kerjasama dengan petani sehingga upaya meningkatkan disektor pertanian bisa tercapai untuk mendukung program swasembada pangan.

"Babinsa kami akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Magelang," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Kapten Arm Suryo Wibowo kegiatan pendampingan ini juga untuk memupuk kebersamaan dan tetap menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.

Sedangkan Ridwan (43) salah satu petani di Desa Pucang mengatakan bahwa dirinya dan juga petani yang lain sangat mendukung program tersebut karena dengan adanya program swasembada pangan tersebut, para petani sangat terbantu baik dari segi peralatan tani, ketersediaan pupuk dan bibit sehingga dengan adanya dukungan tersebut harapanya dapat meningkatkan hasil tani mereka dan menambah kesejahteraan para petani.

"Setelah mendapatkan pendampingan dari Babinsa dan PPL dari Dinas Pertanian, hasil panen kami dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan" tutup Ridwan.(pen)
 
Top