MAGELANG-- Babinsa Desa Danurejo anggota Kodim 0705/Magelang Sersan Mayor Dwi Irawanto membantu kegiatan foging yang disenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang di Dusum Telukan dan Brontokan Desa Danurejo Kacamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang pada hari Kamis kemarin (18/10).

Kegiatan  Foging yang dilaksanakan di dua disun tersebut mengerahkan 2 alat sehingga dalam waktu empat jam dapat selesai dengan tuntas. Dari pihak Dinkes Rifi’i mengatakan bahwa fogging tersebut dilakukan karena adanya permintaan dari warga setempat melalui kepala desa. Harapannya, wabah demam berdarah melalui nyamuk aedes aegyti tidak cepat menyebar, karena di daerah itu sangat rentan terjadi wabah demam berdarah," tuturnya.

"Permintaan ini datang dari warga karena ada laporan bahwa ada warga yang sudah kena DBD, dan diharapkan hal itu tidak menyebar kemana-mana," tambahnya

Dia mengungkapkan, sedikitnya terdapat 950 kepala keluarga yang tinggal di dusun itu. Maka, fogging dikonsentrasikan di sejumlah tempat yang menjadi sumber berkembang biaknya jentik nyamuk.

Sementara itu Serma Dwi Irawanto menyampaikan bahwa dibeberapa lokasi melihat ada beberapa tempat penyimpanan barang-barang rongsokan di seputaran pinggiran kali serta saluran air yang dianggap menjadi sumber dari jentik nyamuk.

Usai penyemprotan di sela sela istirahat sambil menikmati snack dan minum Dwi mengingatkan kepada Kepala Desa agar disampakan kepada warga melalui masing masing Kadus dan ketua Rt, setelah diadakannya fogging ini supaya masyarakat lebih hati hati lagi, utamanya harus mebiasakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Sangat penting menjaga lingkungan dan upayakan tidak ada genangan air yang menjadi sarang nyamuk, bersihkan lingkungan yang terlihat kumuh, kuras baik mandi seminggu sekali sehingga nyamuk tidak sempat berkembang biak," pungkas Dwi. (pendim)
 
Top