N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi menghadiri penilaian lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat nasional. UP2K Cemerlang Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat menjadi utusan Provinsi Sumatera Barat setelah berhasil menjadi pemuncak di tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

Tim penilai dipimpin oleh Sri Anak Agung dari TP PKK Pusat beranggotakan Hari Panji dari Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri. Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas DP3A & P2KB, Syahnadel Khairi, Camat Payakumbuh Barat, serta lurah, LPM,  PKK serta Tokoh Masyarakat Kelurahan Koto Tangah. (14/8)

Dalam sambutannya, Ny. Henny Riza Falepi mengatakan bahwa pihaknya terus membina dan mengembangkan UP2K sebagai sarana pemberdayaan ekonomi keluarga. Dikatakan, UP2K mampu menambah pendapatan keluarga melalui kegiatan-kegiatan produktif yang bisa dilakukan oleh anggotanya, khususnya kaum ibu.

"Tahun ini, kita telah memberi bantuan stimulan kepada PKK Kelurahan untuk penguatan UP2K sebesar satu juta rupiah per kelurahan. Harapan kita tentunya dana tersebut bisa dikembangkan untuk memulai usaha-usaha produktif skala rumah tangga," ujar Ny. Henny.

Dikatakan, kegiatan UP2K sendiri telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat di Payakumbuh, hal ini dibuktikan dengan berbagai produk hasil UP2K yang mendatangkan tambahan pendapatan bagi banyak anggota UP2K di Kota Payakumbuh seperti di UP2K Cemerlang.

"Alhamdulillah, melalui pemberdayaan UP2K, kita bisa berkontribusi mewujudkan visi walikota dan wakil walikota yaitu Payakumbuh Menang, dengan indikasi bahwa setiap rumah di Payakumbuh adalah rumah produktif. Rumah yang mampu menambah pendapatan keluarga melalui beragan usaha rumah tangga," ujar Ny. Henny.

UP2K Cemerlang Kelurahan Koto Tangah sendiri terbilang mandiri dan sukses dalam menjalankan berbagai kegiatan usahanya. Salah satu yang menonjol dari UP2K Cemerlang adalah kelompok usaha tanaman hias yang telah mengekspor Bunga Rupis hingga ke Belanda.

"UP2K Cemerlang, sesuai namanya sudah cemerlang buk, produk tanaman hias mereka bahkan sudah dipasarkan ke Negara Belanda. Kemudian disini juga banyak berkembang usaha makanan khas lokal seperti Rakik Kacang,  Kerupuk Lento dan Kerabu Saga. Ada juga usaha produk bed cover/sprei dan gorden yang pemasarannya juga sampai ke provinsi tetangga," papar Ny. Henny. 

Senada, Walikota Payakumbuh dalam sambutan mengatakan kesadaran masyarakat Kelurahan Koto Tangah cukup tinggi dalam berusaha, khususnya pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penambah pendapatan keluarga. Dikatakan,  Kelurahan Koto Tangah sering menjadi titik pantau dalam berbagai lomba yang diikuti oleh Kota Payakumbuh termasuk lomba PKK kategori UP2K tersebut.

"Pekarangan rumah di kelurahan kita ini cukup produktif. Laporan yang saya terima, rata-rata dari pekarangan, warga bisa menghasilkan Rp. 500 ribu per bulan. Ini cukup membantu menambah ekonomi keluarga kita," ujar Walikota Riza Falepi.

UP2K Cemerlang Kelurahan Koto Tangah sendiri memiliki 185 usaha binaan terdiri dari berbagai macam jenis usaha. Sedangkan total modal yang dimiliki adalah sebanyak Rp.  1.525.400.000,- (Satu Milyar Lima Ratus Dua Puluh Lima Juta Empat Ratus Ribu Rupiah). UP2K Cemerlang merupakan satu dari lima UP2K se Indonesia yang jadi nominasi UP2K terbaik nasional tahun 2018.(Rahmat Sitepu/rel)

 
Top