N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi menghimbau seluruh masyarakat didaerahnya untuk selalu mengajak dan membimbing anak-anak generasi penerus untuk senantiasa membaca, mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

Hal itu diungkapkan oleh Irfendi, ketika membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-33 Tahun 2018, tingkat Kecamatan, di lapangan sepak bola, Kubang, Kecamatan Guguak, Senin (27/8).

"Mari kita masyarakat Limapuluh Kota mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa untuk terus membaca dan memahami isi kitab suci Al-Qur’an, sehingga kita sentiasa mendapatkan rahmat dan perlindungan dari Allah SWT,"ajaknya. 

Dikatakannya, dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak dalam membaca Al-Qur’an perlu dukungan orangtua sehingga pendidikan dan pembelajaran dapat diserap dengan baik oleh generasi penerus tersebut.

Selain itu, dirinya juga menambahkan, pemahaman, dukungan serta didikan orangtua untuk meredam dan mengalihkan perhatian anak-anak dari berbagai hal yang negatif dan merugikan. 

"Peranan orangtua sangat penting dalam mendidik anak, salah satunya dengan mengajarkan anak dalam membaca Al-Quran, sehingga anak-anak kita dapat menjadi anak yang  beraklak mulia,"sambungnya.

Terakhir Bupati berharap dengan pelaksanaan MTQ di tingkat Kecamatan ini hendaknya dapat melahirkan kafilah-kafilah yang handal di Kabupaten Limapuluh Kota, sehingga nantinya dapat menjadi perwakilan Kabupaten Limapuluh Kota diajang MTQ Provinsi dan Nasional. 

"Semoga kegiatan MTQ tingkat Kecamatan ini menciptakan anak-anak yang berakhlak mulia didaerah kita, dan dapat mengharumkan nama daerah kita nantinya keajang yang lebih besar lagi,"pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua panitia MTQ tingkat Kecamatan Guguak, Drs. Muslim melaporkan, peserta MTQ tingkat Kecamatan Guguak ini di ikuti oleh Kafilah-kafilah yang ada 5 Nagari di Kecamatan Guguak, dengan jumlah peserta 180 orang dengan 6 cabang yang akan di pertandingan. 

"Nantinya MTQ tingkat Kecamatan Guguak ini akan mempertandingkan 6 cabang yakni, cabang Tilawatil Qur'an, cabang Khutbah, azan, cabang Syahril Qur'an , cabang Tahfiz Qur'an, cabang Fahmil Qur'an dan cabang Tartil Qur'an, di empat Masjid di Kecamatan Guguak", laporannya. 

Ditempat yang sama Kepala Kemenag Limapuluh Kota, Ramza Husein dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah mendukung penuh kegiatan-kegiatan keagamaan di Kabupaten Limapuluh Kota termasuk MTQ di Kecamatan Guguak ini. 

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan MTQ Kecamatan ini dapat menjadi motivasi untuk Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang ada di daerah Limapuluh Kota untuk menciptakan kafilah yang berprestasi nantinya. 

"Mudah-mudahan dengan MTQ ini kita diberikan keberkahan, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,"pungkasnya.

Tampak hadir dalam pembukaan tersebut Camat Guguak, Fidria Falla, anggota DPRD Limapuluh Kota,Kapolsek Guguak, Ulama, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top