Mahasiswa Baru Faterna Unand Kampus Payakumbuh Diminta Wako Erwin Yunaz Jadi Ahli Pada Bidang Keilmuannya

N3 Payakumbuh -  "Fokuslah pada tujuan. Kalian telah pilih Peternakan sebagai bidang ilmu di perguruan tinggi. Maka mulai sekarang fokuslah, kembangkan ilmu itu dan jadilah ahli dibidang tersebut."

Demikian nasehat Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunas kepada 93 orang mahasiswa baru Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Faterna Unand) Kampus Payakumbuh dalam acara orientasi pengenalan kampus mahasiswa baru (Ospek Maba) bagi mahasiwa baru fakultas tersebut. Acara berlangsung di Aula Kampus Unand Payakumbuh, Jalan Rky. Rasuna Said, Sabtu (11/8).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Akademik Faterna Unand, Prof. Dr. Ir. Mirza, MS, Ketua Program Studi Peternakan Unand Kampus Payakumbuh, Ir. Erpomen, MP beserta jajaran staf pengajar dan para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faterna Unand Payakumbuh. Wawako didampingi Kabid. Kehumasan Diskominfo, Irwan Suwandi bersama Ajudan, Altoyo.

Dikatakan Wawako, ada perbedaan mendasar proses pendidikan negara kita dengan negara-negara maju didunia. Dikatakan, kalau di negara maju, mainset sebagian besar generasi muda, pasca SMA, mereka kerja dulu baru cari ilmu dibidang pekerjaannya itu. Sementara di Indonesia, cari ilmu dulu baru cari pekerjaan yang kadang tidak berhubungan dengan ilmu yang didapat. .

"Di kita kebanyakan cari ilmu dulu baru cari kerja. Maka jangan heran kalau banyak sarjana peternakan kerjanya malah di bank, sarjana ekonomi jadi admin komputer di kantor-kantor, sarjana pendidikan jadi tenaga administrasi, dan lain-lain yang tidak sesuai antara ilmu dengan bidang kerjanya," jelas Wawako.

Ditambahkan, kalau di negara maju mereka menggencarkan program vokasi atau magang pasca SMA. Mereka diarahkan untuk magang bekerja di bidang yang mereka sukai.

"Ketika mereka sudah magang dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan skil dan bakatnya, maka baru mereka sekolah. Mereka pilih jurusan sesuai dengan bidang kerjanya. Maka ilmu bisa langsung ditetapkan didunia kerja mereka," tambah putra Nunang Koto Nan IV ini.

Wawako berpesan agar para mahasiswa baru serius menuntut ilmu dan tidak usah cemas dengan masa depan. Menurutnya, mahasiswa jangan takut untuk tidak menjadi pegawai negeri, asalkan bekal ilmu sudah didapat.

"Jangan takut tidak jadi pegawai. Banyak pekerjaan lain yang lebih menjanjikan, kuncinya tentu kuasai ilmu. Kalau kita berjalan dengan ilmu, insyaAlllah kita tahu dengan apa yang akan kita kerjakan dan akan mendatangkan kesejahteraan bagi kita," ujar suami Machdalena ini.

Diujung sambutannya, Wawako mengucapkan selamat datang dan selamat berkuliah di Kota Payakumbuh. Menurut Wawako, mereka beruntung berkuliah di Unand Payakumbuh mengingat segudang prestasi bidang pendidikan yang diraih Kota Payakumbuh.

"Beruntung kalian bisa berkuliah di Payakumbuh. Kota yang sudah beberapa tahun ini ditetapkan sebagai Kota Pengelola Pendidikan Terbaik di Sumbar. Apalagi tahun ini,  Payakumbuh dijuluki Kota Sikat Habis, karena memborong penghargaan kepala sekolah teladan tingkat Sumbar, baik SD, SMP dan SMA, serta Kota Penyelenggara Pemerintahan Daerah Terbaik di Pulau Sumatera," pungkas Wawako Erwin.  (Rahmat Sitepu/rel)

Post a Comment

Previous Post Next Post