N3, Padang - Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial untuk Pramuka kwarda 03 Pramuka Sumbar yang bekerja sama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM)  Kota Padang meningkatkan pengetahuan dan kemampuan generasi muda khusus generasi Pramuka Sumatera Barat,  patut kita berikan apresiasi atas kepedulian menghadapi tantangan generasi muda dalam menyaring informasi dalam perkembangan Teknologi Informasi saat ini . 

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada acara penutupan Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial Tahun 2018,  di gedung Pramuka Sumbar, Minggu (26/8/2018). 

Wagub Nasrul Abit lebih lanjut menyampaikan,  pelatihan jurnalistik ini bagaimana dapat memajukan generasi pramuka Sumbar dalam pemahaman jurnalistik agar juga mampu menyaring informasi di media sosial yang saat ini sangat luar biasa pengaruhnya. 

Generasi pramuka saat ini mesti mampu memainkan media sosial dengan baik dan benar, cross cek setiap informasi menjadi hal yang penting dalam menanggapi isu-isu yang berkembang. Gerakan pramuka sesuai dengan Tri Bina Pramuka,  bina diri,  bina satuan dan bina masyarakat tetap selalu membangun komunikasi yang baik dengan kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat termasuk menyukseskan event BB POM Kota Padang untuk kebaikan masyarakat umum. 

Gerakan pramuka merupakan salah satu wadah yang menjunjung tinggi persatuan dan pembangunan karakter bangsa yang kuat pada masyarakat dan generasi muda pada khususnya. Karena generasi muda yang berkarakter dan mempunyai jati diri adalah kunci bagi proses kelanjutan pembangunan bangsa yang berdasarkan UUD 1945 dan dalam dharma gerakan pramuka, ungkap Wagub Nasrul Abit. 

Ketua Kwarda 03 Pramuka itu juga menyebutkan sebagai anggota Pramuka yang merupakan bagian dari bangsa, sudah seharusnya kita belajar dan menggali budaya sendiri dalam menguatkan jati diri bangsa dalam sendi-sendi kehidupan, gotong-royong, ramah tamah,  saling membantu dan peduli sesama. 

Saat ini seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman,  nilai-nilai tersebut telah mulai luntur. Sudah menjadi kewajiban gerakkan pramuka untuk terus melestarikannya agar bangsa ini tetap memilik sendi kehidupan sejatinya. Pramuka mesti tetap berpegang teguh pada norma-norma yang menjunjung tinggi tentang pengetahuan agama, nasionalisme kebangsaan dengan kepribadian jujur, adil dan bertaqwa, ungkap Nasrul Abit. 

Nasrul Abit juga menyampaikan pesan dan harapan kepada kakak-kakak dan adik-adik pramuka antara lain. Jadilah anggota pramuka yang memiliki mental kepribadian yang kuat menjunjung tinggi nilai-nilai pramuka,  tri satya dan dasa dhama pramuka. 

Kedua, pergunakanlah ilmu yang baru didapat dalam pelatihan ini,  ditempat tugas dan daerah berada,  sehingga anggota pramuka benar-benar menjadi kantor berita bagi masyarakat. Ketiga,  jadilah anggota pramuka yang cerdas dalam mengunakan media sosial,  berpikir kritis, bijak dalam bertindak dan bertanggung jawab dalam setiap perbuatan. 

Keempat,  manfaatkanlah media sosial sebagai wadah promosi untuk setiap kegiatan pramuka serta pramukapun ikut serta mempromosikan potensi daerah apakah itu pariwisata, pembangunan yang membuat dunia tahu pesona Sumatera Barat,  harapnya. Zardi
 
Top