N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi terus mengoleksi prestasi. Baru beberapa hari lampau mendapatkan ekspansi terbaik penilaian Inovasi Pelayanan Dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se- Sumatera  Barat tahun 2018, kini Irfendi kembali menerima penghargaan Ayah Bunda Genre (ABG) Award Kategori Penyantun.

ABG Award itu diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, pada acara pembukaan ajang dan temu kreatifitas Genre dan perkemahan Bakti Saka Kencana tahun 2018 di Camping Ground Kandih Kota Sawahlunto, Rabu (29/8).

Irfendi Arbi dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan dan ketokohannya dalam meningkatkan partisipasi remaja dalam program kesehatan reproduksi Genre, serta membangun karakter remaja untuk meraih bonus demografi dan Indonesia emas. Komitmen Bupati itu terlihat dari pengembangan kelompok pusat informasi dan konseling remaja dalam mencegah triat Kesehatan Reproduksi Remaja (KRL) yang bertujuan buat mencegah perkawinan dini, menjauhi seks bebas dan menghindari Narkoba.

Bupati Irfendi Arbi yang dimintai keterangannya, mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Barat atas penganugerahan penghargaan tersebut. Ia berharap, prestasi itu mampu memotivasi semua pihak terkait untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap persoalan remaja di daerah ini.

"Saya senang dan sangat bersyukur mendapatkan ABG Award ini. Saya berharap, ini mampu memotivasi kita untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap persoalan remaja yang semakin komplek, sekaligus untuk mewujudkan reformasi mental di kalangan generasi muda," tutur Irfendi sembari mengatakan penghargaan itu ia dedikasikan buat masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yeni Elvi, S.St senada menyebut, Bupati Irfendi Arbi dianugerahi ABG Award karena kepeduliannya terhadap pengendalian atau pencegahan munculnya bahaya yang mengancam generasi muda. Selain itu juga benar-benar berkomitmen mendukung generasi remaja agar hidup berencana mulai dari sekolah, bekerja untuk berikutnya baru menikah.

Sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi Irfendi Arbi. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan cukup banyak prestasi bahkan di tingkat nasional yang sukses dikoleksi bupati tersebut.

“Saya mengapresiasiBupati Irfendi Arbi yang telah berhasil mendapatkan penghargaan ABG Award tahun 2018 ini. Kita berharappenghargaan itu menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan program kesehatan reproduksi Genre di daerah ini,” ungkap Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Zulkifli Dt. Rajo Mangkuto, S.Pd, MM.

Menurut Zulkifli, generasi hari ini merupakan pemimpin masa depan. Kegagalan pemimpin mendatang merupakan kegagalan pemimpin sekarang.

“Bupati Irfendi Arbi telah membuktikan kepeduliannya terhadap generasi muda yang akan mewarisi estapet kepemimpinan masa depan. Seperti kata orang bijak, generasi hari bertanggungjawab terhadap generasi selanjutnya,” tutur Zulkifli yang juga pengurus LKAAM Provinsi Sumbar dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Pujian serupa juga dilontarkan Ketua Dewan Masjid Kabupaten Limapuluh Kota Akmul DS, SP.di Dt. Rajo Bagindo. Ia berharap penghargaan itu semakin memotivasi daerah ini lebih meningkatkan perhatiannya terhadap generasi muda yang kini semakin rawan dari ancaman bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

 
“Tidak saja kegiatan pembinaan generasi remaja pada Dinas DPPKBP3A, saya melihat bupati juga antusias mendukung kegiatan didikan subuh, baliak basurau, pembinaan remaja masjid dan lain. Kita berharap, ke depannya Bupati terus memberikan perhatian lebih bagi generasi penerus tersebut,” tutur Akmul.

 
Terpisah Ketua BAMUS Kenagarian Guguak Kecamatan Guguak Fakhri Dt. Sumu dan anggota Bamus Ulu Aia Kecamatan Harau Muhammad Amin, A.Md juga mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi.Menurut mereka, Bupati Irfendi Arbi memang patut mendapatkan acungan jempol karena keseriusannya dalam upaya meningkatkan partisipasi dan peran remaja pada program kesehatan reproduksi dan pembangunan karakter remaja. Dengan begitu, dapat diharapkan terwujudnya generasi remaja yang berprilaku sehat, menghindari sex bebas, menghindari pernikahan usia dini serta mempunyai perencanaan dalam kehidupan berkeluarga.

 
“Kita sangat senang dan bangga Bupati Irfendi Arbi mendapatkan penghargaan lagi. Kita berharap penghargaan bisa menjadi motivasi bagi seluruh pihak di daerah ini untuk membangun kualitas dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya,” tutur Fakhri sembari mengakui selama kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi, Limapuluh Kota mulai berkibar di kancah nasional. (Rahmat Sitepu/rel)

 
Top