N3 Payakumbuh - SMAN 3 Payakumbuh mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan bagi siswa kelas 10 dan 11.

Kegiatan ini sesuai jadwal yang dilaksanakan sejak tanggal 31Mei sampai 8 Juni 2018 berdasarkan edaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat tentang pelaksanaan Pesantren Ramadhan.

Kepala SMAN 3 Payakumbuh Drs. Erwin Satriadi, M.Pd mengatakan kepada wartawan di ruang kerjanya bahwa kegiatan  Pesantren Ramadhan pada tahun ini dalam rangka pendalaman keagamaan, penguatan pendidikan karakter bagi para siswa siswi SMAN 3 Payakumbuh.

"Dalam hal ini disamping membaca Al Qur'an serta Tahfidz juga ada  materi khusus lainnya yaitu seputar Etika Pergaulan Remaja dan Birrun Walidain", terang Erwin

Lebih lanjut di terangkan bahwa pada Etika Pergaulan Remaja Muslim sebagai narasumber adalah ust. Agil Adianda Putra sedangkan pada Birrun Walidain (Berbuat baik kepada orang tua) pematerinya adalah ust. Yongki Otrio.

Materi materi tersebut akan di berikan kepada siswa kelas 10 dan 11 secara bergantian. Kemudian pada setiap akhir sesi para peserta di tayangkan pemutaran video Sirrah Nabawiyah yang waktunya dilaksanakan sebelum sholat Dzuhur berjamaah.

"Kita harapkan dengan kegiatan Pesantren Ramadhan ini, para siswa disamping mempunyai kecerdasan juga memiliki budi pekerti yang baik untuk masa depannya", pungkas Erwin. 

Salah seorang narasumber Yongki Otrio mengatakan Birrul Walidain (Berbuat baik dengan orang tua) adalah materi utama yang disajikan dalam Pesantren Ramadhan SMAN 3 Payakumbuh

"Dalam materi ini kita menerangkan bagaimana seorang siswa harus bersikap terhadap orang tua dalam kehidupan sehari hari, baik dalam perkataan maupun perbuatan", terang ust. Yongki. (Rahmat Sitepu)


 
Top