N3 Payakumbuh - Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018/2019 di Kota Payakumbuh masih di dominasi oleh pendaftar yang ingin bersekolah disekolah-sekolah "Favorite" yang ada, baik ditingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) maupun ditingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Sekolah Favorite “diburu” dengan berbagai alasan, baik alasan prestasi sekolah, fasilitas, guru/tenaga pengajar dan alasan lainnya.

Dari pantauan lapangan, di SMPN 1 Payakumbuh di Jalan Sudirman Pusat Kota Payakumbuh sejak Senin 25 Januari 2018 ratusan orang tua yang mendampingi anak-anaknya melakukan proses pengisian formulir pendaftaran sebagai Calon Siswa Baru, mereka tidak saja berasal/beralamat di Kelurahan terdekat di sekolah yang pernah dikepalai Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Hasan Basri (Sekarang sudah pensiun.red) namun juga berasal dari kelurahan-kelurahan yang tidak masuk dalam Zona kelurahan terdekat dari SMPN 1.

Hidayati (35) yang mendampingi anaknya saat melakukan proses pendaftaran di SMPN 1 Payakumbuh mengatakan bahwa meski beralamat tidak didalam zona yang berdekatan dengan sekolah tersebut, ia tetap berharap agar putrinya tersebut bisa diterima dan bersekolah di SMP yang pernah menjadi sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) itu.

“ Iya saya sudah tahu kalau ada aturan Zonasi dalam penerimaan siswa baru di SMPN 1, namun saya tetap mencoba mendaftar agar anak saya bisa bersekolah di SMPN 1”, ujarnya.

Wanita berhijab itu juga menambahkan alasannya mendaftarkan putrinya yang baru lulus Sekolah Dasar (SD) itu ke SMP karena disekolah yang sarat dengan prestasi itu anakya diharapkan dapat mengembangkan bakat dan kemampuan serta bisa meraih prestasi terbaik.

“ Kita semua tentu tahu bahwa SMP N 1 ini banyak prestasi, banyak orang tua yang ingin anaknya bersekolah disini, termasuk saya," pungkasnya.

Defi Marlitra Kepala SMPN 1 Payakumbuh ketika ditemui wartawan diruang kerjanya mengatakan bahwa sampai Selasa 26 Juni 2018 sekitar 600 orang telah mendaftar ke SMPN 1 Payakumbuh, mereka yang mendaftar tersebut tidak saja yang bertempat tinggal/beralamat di sekitar Zona Sekolah namun juga dari berbagai kelurahan lainnya di Kota Payakumbuh.

“Hingga tadi siang total sekitar 600 orang telah mendaftar ke SMPN 1, untuk daya tampung hanya sekitar 10 lokal (rombongan belajar) dengan jumlah murid 320 orang. Tentu dalam Penerimaan Peserta Didik baru tahun ajaran 2018 ini kita utamakan mereka yang berdomisili dekat sekolah",  ujarnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top