N3 Payakumbuh - Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh tak henti-hentinya untuk berinovasi, pasalnya setelah dibangun pasar rakyat pusat Payakumbuh II Padang Kaduduak kelurahan Tigo Koto Diate kecamatan Payakumbuh Utara. Kini pemko Payakumbuh berniat siap mewujudkan pasar satelit.

Dijelaskan Walikota Riza Falepi, baru-baru ini kepada wartawan, kenapa dirinya getol membangun pasar satelit dibeberapa titik, adalah dalam rangka membuka lapangan pekerjaan baru yang akan membantu mengurangi angka pengangguran dan akan meningkatkan kesejahteraan warga Payakumbuh.

“Konsep pasar satelit ini tidak seperti Pasa Batingkek atau Pasa Ibuah, dimana yang mau berjualan harus beli kios dulu seharga 100 juta. Kalau seperti itu, maka hanya orang yang punya uang 100 juta saja yang bisa jualan. Saya dak ingin pasar ini seperti itu. Saya ingin semua orang bisa berjualan, khususnya yang warga kurang mampu, nanti kita modali, agar mereka bisa keluar dari jerat kemiskinan melalui pasar ini,” terang Walikota.

Dirinya berharap, dengan konsep pasar satelit yang demikian serta rencana tumbuhnya pasar satelit lainnya, maka angka kemiskinan dan angka pengangguran Kota Payakumbuh bisa ditekan.

“Saya bersyukur angka kemiskinan dan pengangguran kita sudah jauh berkurang. Dulu, diawal menjadi walikota, angka kemiskinan kita diatas 11 persen, alhamdulillah, saat ini berada diangka 5 persen, sementara pengangguran sekitar 3 persen, hal itu perlu kita syukuri,” beber Riza.

Meski demikian, Riza mengaku tidak lantas puas dengan kondisi itu. Dirinya ingin terus menurunkan angka tersebut serendah mungkin melalui program-program ekonomi kerakyatan yang ada saat ini.

“Semoga dengan berdirinya pasar Padang Kaduduak ini, angka kemiskinan dan angka pengangguran kita bisa terus turun. Sehingga kesejahteraan warga Payakumbuh semakin meningkat menuju Payakumbuh Menang,” pungkas Riza. (Rahmat Sitepu)
 
Top