N3, Limapuluh Kota - Puluhan tahun mengalami penyakit Hipertensi, Sarpinas (52) warga Taram, Kecamatan Harau mengalami penyakit stroke. Akibatnya, untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari Sarpinas menunggu bantuan dari ketiga anaknya. Bahkan, Satu tahun belakangan terakhir ini dirinya mengalami kelumpuhan total dan hanya terbaring di kamar.

"Sudah sepuluh tahun orang tua kami mengalami penyakit ini, awalnya dulu penyakit Hipertensi dan lama kelamaan mengalami stroke. Bahkan satu tahun terakhir ini tidak bisa berbuat apa-apa, beliau hanya bisa diam di kamar," ujar Eka salah satu anaknya menceritakan kondisi yang di alami ibunya 

Peduli atas kondisi yang dialami warganya, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Dinas Sosial kabupaten setempat, langsung memberikan bantuan kepada Sarpinas berupa kursi roda dan bantuan permakanan lansia, serta bantuan lainnya ketika tim 1 Safari Ramadhan mengunjungi Masjid Muslimin, Jorong Balai Cubadak, Kenagarian Taram, kemarin.

"Alhamdulillah, diberi bantuan kursi roda oleh Bupati Irfendi Arbi, kami benar-benar terharu dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Irfendi Arbi dan dinas sosial yang begitu peduli dengan nasib orang tua kami,“ tambah Eka

Menurutnya, bantuan kursi roda yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi keluarganya, dengan adanya kursi roda Sarpinas tidak lagi diam rumah dan bisa di ajak bermain diluar rumah sekaligus sebagai terapi pengobatan. "Dengan adanya kursi roda akan lebih memudahkan kami di rumah. Mudah-mudah bantuan yang diberikan mendapatkan ganjaran disisinya kelak,”pungkasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika dimintai komentarnya berharap bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, “Semoga bantuan yang diberikan ini dapat  bermanfaat untuk menunjang peningakatan fungsi fisik atas penyakit yang diderita, Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan keluarga dalam merawat ibu Sarpinas, serta mengurangi ketergantungan  kepada orang lain,”ulasnya.

Dikatakannya, saat ini pemerintah kabupaten Limapuluh Kota selalu fokus terhadap kesejahteraan masyarakat termasuk membantu warga yang mengalami permasalahan kesehatan dan peberdayaan sosial bagi penyandang disablitas. Sebab warga-warga yang seperti ini sangat memerlukan perhatian pemerintah daerah.

“Untuk itu, kita berharap seluruh elemen masyarakat, perangkat nagari, tokoh masyarakat harus proaktif melihat kondisi warga kita disekitar. Jika ada saudara kita yang memerlukannya segera laporkan, sehingga dengan segera dapat disalurkan bantuannya,”sebut Irfendi.

Katanya, hal seperti ini harus terus digalakkan ditengah-tengah masyarakat, sehingga jika ada korban yang memerlukan bantuan cepat tertangani, jangan sampai ada warga yang memerlukan tidak mendapat perhatian, kita berharap mereka yang memerlukan bantuan itu tetap semangat dalam menjalani hidup. 

“Jangan pernah putus asa melawan sakit yang kita derita. Yakinlah, setiap penyakit yang diderita oleh seseorang pasti akan ada obatnya. Dan percayalah, Allah SWT akan selalu melindungi umatnya yang lemah tak berdaya,” sebutnya saat menyerahkan kursi roda tersebut.  (Rahmat Sitepu)

 
Top