Kota Payakumbuh Gelar Peringatan Hari Pendidikan Nasional

N3 Payakumbuh – Dengan mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” , Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kota Payakumbuh dilaksanakan di Halaman Balaikota Payakumbuh yang baru, eks Lapangan Poliko, dengan Inspektur Upacara, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Rabu (2/5).

Membacakan sambutan Mendikbud RI, Muhadjir Effendy, Wali Kota menyampaikan, peringatan kali ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah , mesu budi, atau rekleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan. “Dalam waktu bersamaan  kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” ucap Riza.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasonal  Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan, Pendidikan Nasional Indonesia adalah pendidikan yang berdasarkan  Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional.

Berkaitan dengan ditetapkannya Peraturan Presiden  Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), mengamanatkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan  dan bekerja sama dengan satuan pendidikan , keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Peringatan yang dihadiri utusan sejumlah pelajar di Kota Payakumbuh ini, juga diikuti sejumlah Kepala Perangkat Daerah se Pemko Payakumbuh dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi lomba-lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya dan hiburan lainnya. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post