N3 Payakumbuh - Latar belakang dibangunnya Pasar Padang Kaduduak disebabkan oleh kondisi pasar pusat yang ada yaitu Pasar Payakumbuh dan Pasar Ibuah sudah over capacity (kelebihan kapasitas-red), dan lokasi tidak memungkinkan untuk dikembangkan," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh H. Dahler SH dalam laporannya saat syukuran pasar rakyat pusat Payakumbuh II Padang Kaduduak kelurahan Tigo Koto Diate kecamatan Payakumbuh Utara, baru-baru ini.

Menurutnya, keberadaan Pasar Padang Kaduduak diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru,  pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pemberdayaan generasi muda serta mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan di kota kita.

Disampaikan, pembangunan pasar dengan luas areal sekitar 5 hektar tersebut menelan biaya yang cukup banyak, dimana sebagian besar adalah untuk pembebasan tanah serta pendirian bangunan. Bangunan pasar sendiri merupakan bantuan dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perdagangan senilai 5,3 Milyar Rupiah.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Suparman dalam sambutannya mengapresiasi Walikota beserta jajaran yang telah berhasil membangun Pasar Padang Kaduduak tersebut.

“Semoga harapan Bapak Walikota untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran melalui operasional pasar ini bisa terwujud. Kami akan beri dukungan untuk melengkapi sarana prasarana pasar ini demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Payakumbuh,” pungkas Suparman. (Rahmat Sitepu)
 
Top