N3 Limapuluh Kota - Upaya Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk terus menggerakan perekonomian masyarakat dan daerah terus dilaksanakan melalui berbagai kebijakan. Salah satunya melalui pembangunan pasar rakyat di Nagari Kubang, Kecamatan Guguak yang diresmikan langsung penggunaannya oleh Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi baru-baru ini.

Dalam acara peresmian pasar tersebut turut hadir Anggota DPRD Limapuluh Kota, Hemmy Setiawan, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Usaha Kecil dan Menengah Limapuluh Kota, Kasman Kasim, Kepala Dinas Sosial, Harmen, Kepala Dinas Pol PP, Nasdrianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Alfian, Kepala Badan Kepegawaian, Aneta Budi Putra, Kabag Humas dan Pemberitaan, Firmansyah, Kabag Umum, Joni Anto, Camat Guguak, Fiddria Falla, Kapolsek Guguak, Wali Nagari se Kecamatan Guguak, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya selaku ketua KAN Nagari Kubang, Husni Dt Majo Kayo menceritakan sejarah singkat tentang berdirinya pasar Nagari Kubang tersebut.

"Pasar ini mulanya hanya tempat untuk menjual pabukoan oleh orang-orang terdahulu, namun seiring dengan berjalannya waktu pedagang dan pembeli semakin ramai tiap tahunnya dan melihat keramaian ini pemilik tanah mewakafkan tanahnya hingga jadilah pasar seperti ini,"ujarnya.

Selanjutnya, dirinya mewakili masyarakat di Nagari Kubang mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah memperhatikan masyarakat di Nagari Kubang dengan mebangun pasar di nagari tersebut.

"Terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah membangun dan merenofasi pasar di Nagari kami, dahulunya pasar ini hanya pasar yang sederhana namun sekarang bangunan pasarnya bagus dan sudah semi permanen,"sambungnya.

Terakhir dirinya berharap kepada pemerintah daerah dan DPRD Limapuluh Kota untuk membuatkan peraturan untuk kegiatan pasar yang ada di Kecamatan Guguak sehingga pasar di Nagari Kubang ini dapat beroperasi dengan baik.

Sementara itu, Anggota DPRD Limapuluh Kota, Hemmy Setiawan menyebutkan bahwa Pasar Nagari Kubang ini telah 3 tahun belakang ini dianggarkan dan tahun ini telah sudah dapat dioperasikan.

"Alhamdulillah pasar dinagari Kubang, telah dapat di operasikan, berkat kerjasama berbagai pihak di pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota,"ujarnya.

Seterusnya, dirinya mengajak masyarakat di Nagari Kubang untuk meramaikan pasar tradisional tersebut.

"Sekarang bagaimana kita dapat mengopersikan pasar ini dengan baik sehingga perekonomian dapat berpotar di Nagari kita ini",sambungnya.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi dalam arahannya menyampaikan rasa terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan menyukseskan pembangunan pasar Nagari Kubang tersebut, dirinya juga memberikan pesan khusus kepada masyarakat terkait keberadaan pasar Nagari Kubang tersebut.

“Tujuan pembangunan pasar ini adalah mensejahterakan masyarakat. Dan pembangunan pasar ini merupakan upaya untuk mendorong bertumbuhnya kegiatan masyarakat sehingga perekonomian berjalan dan akan muncul potensi yang ada didaerah ini” ungkap Bupati.

Dikesempatan itu dirinya juga menghimbau kepada para pedagang, Konsumen maupun masyarakat untuk dapat meramaikan dan memanfaatkan keberadaan pasar ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga pasar tersebut dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Nagari Kubang maupun Nagari lainnya disekitar pasar.

Terakhir bupati berpesan kepada masyarakat di Nagari Kubang untuk dapat menjaga dan merawat pasar tradisional tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Mamfaatkanlah pasar ini untuk tempat bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan kita dan rawat serta jagalah kebersihan dilingkungan pasar, sebab pasar yang sehat akan lebih diminati oleh konsumen,"pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top