N3 Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh berencana melakukan Tasyakuran pengoperasionalan Pasar Baru di Kota Payakumbuh yaitu Pasar Satelit Padang Kaduduak. Acara akan digelar pada tanggal 3 Mei 2018 mendatang, bertempat di lokasi Pasar tersebut.

Rencana tersebut diungkap langsung Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat memimpin rapat terbatas (Ratas) persiapan acara tersebut di ruang kerjanya, Balaikota Payakumbuh, ex.Lapangan Poliko, Senin (23/4). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz.

Turut hadir Asisten 1, Yoherman, Asisten 2, Amriul Dt.Karayiang, Asisten 3, Iqbal, Kepala Bappeda, Rida Ananda, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UKM, Dahler, Kepala Dinas Kominfo, Elvi Jaya, Kepala Dinas PUPR, Muslim dan Dirut PDAM, Herry Iswahyudi.

Dalam arahannya, Walikota Payakumbuh mengaku bersyukur dengan segera beroperasinya Pasar Padang Kaduduak yang diproyeksikan menjadi pasar satelit bagi pasar Induk yaitu Pasar Payakumbuh dan Pasar Ibuh yang berlokasi di pusat kota.

"Alhamdulilah, Pasar Padang Kaduduak akan segera kita operasionalkan, sesuai target yaitu jelang bulan puasa. Pasar ini nantinya akan efektif beroperasi dan menjadi pasar satelit bagi pasar lama yang sudah eksis di pusat Kota Payakumbuh," ujar Walikota Riza Falepi.

Dikatakan, keberadaan Pasar Padang Kaduduak nantinya diharapkan akan memberi kemudahan dan alternatif berbelanja bagi masyarakat Kota Payakumbuh, khususnya yang berada di bagian utara kota.

"Kita berharap, keberadaan pasar ini akan mendekatkan konsumen dengan pasar, sehingga para ibu-ibu kita tidak mesti jauh berbelanja ke Pasar Payakumbuh atau Pasar Ibuh," beber Walikota Riza.

Menurut Riza, pertumbuhan penduduk yang cukup pesat ditambah transaksi ekonomi di Pasar Payakumbuh dan Pasar Ibuh yang juga banyak menjangkau masyarakat luar Payakumbuh membuat keberadaan pasar satelit mutlak dibutuhkan.

"Pasar satelit ini menyangga keberadaan pasar induk, disamping mempermudah akses bagi warga kota disekitar pasar satelit, ia diharapkan juga mampu menarik konsumen warga luar kota untuk berbelanja di Payakumbuh yang tentunya akan membawa dampak positif bagi perekonomian kota," beber Walikota Riza.

Dikatakan Riza, dengan tujuan diatas, maka kedepan pihaknya akan mendorong tumbuhnya beberapa pasar satelit baru di Kota Payakumbuh.

"Jika Pasar Satelit Padang Kaduduak ini sukses, kita akan dorong tumbuhnya beberapa pasar satelit baru di Payakumbuh apakah di daerah Payakumbuh Timur dan atau Payakumbuh Barat," ungkap Walikota.

Ditambahkan, pihaknya akan sangat terbuka jika keinginan pendirian pasar satelit baru berasal dari permintaan masyarakat.

"Kalau ada masyarakat di Payakumbuh Timur atau Barat mengusulkan pendirian pasar satelit, kita siap merespon. Kita siap membeli tanah untuk membangun pasar satelit tersebut sepanjang masyarakat menyediakan tanah untuk keperluan itu," pungkas Walikota Riza. (Rahmat Sitepu)
 
Top