N3 Payakumbuh - MDTA mesjid Muslimin gelar pawai taaruf khatam alquran di kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (22/4).

Pawai taaruf ini juga dilepas wakil Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, Ketua Koni Yusra Maiza, Camat Payakumbuh Utara diwakili Sekcam dan Lurah setempat.

Dalam sambutannya, Wakil ketua DPRD Wilman Singkuan, mengatakan, selamat kepada siswa yang telah bisa menamatkan pendidikan alquran di MDTA mesjid Muslimin. Kita berharap kepada peserta khatam alquran setelah ini jangan pernah berhenti untuk membaca alquran.

“Kita sangat berbahagia bisa melihat anak-anak ikut khatam Quran, mereka sudah bisa membaca, menulis, bahkan mereka telah bisa menghafal sebagiannya. Namun, dengan telah khatam bukan berarti mereka sudah selesai untuk belajar Al Quran," ujarnya.

Ditambahkannya, mempelajari al Quran dan Sunah nabi bukan saat ini saja, melainkan sampai akhir hayat. Semua kandungan di dalamnya mampu memberikan pedoman kepada manusia untuk hidup bahagia dunia dan akhirat.

“Pelajarilah al Quran dan Sunnah nabi, hayati kandungangannya, diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab al Quran dan Sunnah nabi tersebut adalah pedoman bagi kita untuk mendapatkan kebahagian hidup di dunia dan akhirat nanti,” pungkas Wilman.

Sementara itu Panitia pelaksana Khatam Alquran Boedhy Chikidut mengatakan kepada wartawan, ini pertama kalinya MDTA mesjid Muslimin melaksanakan khatam alquran dengan menghadirkan deretan Bundo Kanduang yang menggunakan tangkuluak kompong.

Menurutnya, anak-anak dan generasi muda adalah para penerus perjuangan syiar agama, dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Mereka perlu terus diberikan pendidikan dan pengetahuan agama yang baik.

“Mereka adalah calon pemimpin bangsa dan ummat. Ranah Minang haruslah memiliki pemimpin masa depan yang Qurani, berakhlak mulia, dan berilmu pengetahuan,” kata Boedy.

Dikatakannya, kita juga meminta para orang tua untuk menjadi suri tauladan dalam keluarga, dan berharap peserta khatam kali ini mampu menjadi para penghapal al Quran dimasa yang akan datang.(Rahmat Sitepu)
 
Top