N3 Payakumbuh - Setelah melakukan serah terima jabatan dan serah terima tugas Kepala SMPN 2 Payakumbuh, Jum'at (6/4) kemarin, antara pejabat lama Sefri Firman kepada Desfiwati, pada hari itu, Desfiwati akrab disapa Ummi langsung melakukan ta'aruf dengan keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh.

Hari pertama masuk kerja, Sabtu (7/4) di sekolah ini, Ummi langsung melanjutkan program, visi dan misi yang telah dirancang kepala sebelumnya. Salah satunya adalah pelaksaan Gerakan Maju (GEMA) Sempedupa III Tahun 2018 yang diketuai Al Hamra beserta pengurus lainnya.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Ummi Desfiwati menyebutkan, untuk hari pertama masuk kerjanya di SMPN 2 Payakumbuh, Ummi akan melanjutkan semua yang baik dari kepala sekolah sebelumnya.

"Sebagai orang baru di keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh, tentunya kita akan melanjutkan semua visi, misi dan program kerja yang telah dirancang Sefri Firman. Saat ini kita masih tahap pengenalan diri dan pengenalan lingkungan sekolah, walaupun secara kedinasan kita semua sudah saling mengenal. Pada tahap awal ini, kita akan mearjut silaturahim bagaimana kita bisa berbaur dengan semua unsur sekolah, majlis guru, tenaga kependidikan, komite, siswa dan masyarakat," sebut Ummi.

Terkait langkah dan program prioritas kedepan yang akan dilakukan, Ummi menyebutkan kita akan menggelar rapat secepatnya dengan semua unsur, bagaimana kita bisa meningkatkan prestasi sekolah. namun Senin dimuka kita juga akan menggelar USBN hingga tanggal 16 April 2018, mungkin siap ujian kita akan gelar rapat secepatnya.

Kita akan fokus sukseskan ujian dulu. Langkah kedepan yang akan kita lakukan adalah berupa evaluasi nilai ujian, evaluasi administrasi, evaluasi dengan wakil kepala, evaluasi dengan tenaga kependidikan, semua itu mungkin kitalakukan terpisah, nantinya. Terkait peningkatan nilai ujian, kita akan fokus dengan pendekatan, baik kepada guru mapel maupun terhadap siswa. kapan perlu kita hadirkan tenaga profesiaonal. Kita ingin mendongkrak nilai yang sudah baik menjadi lebih baik. Tentunya dengan kebersamaan dan musyawarah. Untuk suksesnya itu semua perlu dukungan pemerintah, pihak sekolah dan masyarakat melalui wakil di komite, dalam kata lain Tri Pusat Pendidikan adalah kuncinya," rancang Ummi Desfiwati.

Setelah melakukan pemantauan bersama wakil kepala sekolah, menurut kami SMPN 2 Payakumbuh merupakan sekolah yang pantas untuk diukir dengan prestasi. Fasilitas dan lahan sangat mendukung, semua fasilitas lengkap. Tinggal kita memaksimalkan semua unsur yang ada di civitas SMPN 2 Payakumbuh. Kita berupaya kedepan, bagaimana semua lahan yang kosong dapat kita sulap menjadi sebuah taman kelas yang bermanfaat, taman tersebut dikelola secara penuh tanggungjawab oleh lokal dibawah kordinir walikelas. Kita juga akan lakukan penataan dengan pendekatan, seperti yang telah kita terapkan di sekolah lama. SMPn 2 Payakumbuh punya alat olahraga lengkap, alat seni, alat keagamaan, labor serta sarpras lainnya yang sangat menunjang. 

KIta juga sangat apresiasi dengan kebijakan, kepala sebelumnya, siswa dilarang bawa kenderaan ke sekolah. SMPN 2 Payakumbuh terapkan sekolah 5 hari dengan siswa sebanyak 758 orang yang diajar oleh 52 guru didalam 24 rombel yang tersedia. Biasanya hari Sabtu kita manfaatkan untuk kegiatan yang dibimbing guru terkait, sama dengan SMPN 1 Payakumbuh. Dari sekian banyak prestasi yang telah diraih sebelumnya, kita akan berupaya secara bersama melakukan peningkatan, baik prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. SMPN 2 Payakumbuh juga telah dipercayai pemerintah pusat sebagai sekolah penyelenggara lokal olahraga, untuk ketiga kalinya," ulas Desfiwati.

Intinya, kita secara bersama-sama akan berupaya melanjutkan, meningkatkan prestasi yang sudah ada disamping kita akan melakukan berbagai penataan secara perlahan dan bertahap. Mohon dukungan dan doa, termasuk espos hal yang baik dari media," simpul Ummi Desfiwati. (Rahmat Sitepu)
 
Top