N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah Benni Warlis kembali melakukan pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma Ke VI pada tahun 2018. Kegiatan Pencanangan dilaksanakan di Lapangan Sari Bulan kelurahan Sawahpadang Aurkuning kecamatan Payakumbuh Selatan, Rabu (21/3).

Selain Sekda, turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam, Ketua TP PKK, Ny. Henny Riza Falepi, Ketua GOW, Ny. Magdalena Erwin Yunaz, Kepala Dinas DP3A&P2KB, Syahnadel Khairi bersama beberapa pimpinan OPD, Camat dan Lurah serta para Pengurus PKK dan Dasawisama kecamatan dan kelurahan se Kota Payakumbuh.

Ketua Panitia Pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma Ke VI, Erma Yunita dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran aktif kelompok dasa wisma dengan melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK.

"Adapun tema Bulan Bakti Dasa Wisma tahun ini adalah, Sehat Keluarga Ku, Bersih Lingkungan Ku," ujar Erma Yunita yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada dinas DP3A&P2KB Kota Payakumbuh.

Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Henny Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan salut kepada kader kader PKK dan dasawisma kelurahan yang terus berbuat dan berkarya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Luar biasa ibu-ibu anggota dasawisma, dari tahun ketahun semakin kreatif, maju dan bersemangat. Memang itulah yang kita harapkan, sebab dasa wisma merupakan ujung tombak segala kegiatan PKK di kelurahan," puji Henny Riza Falepi.

Dikatakan Henny, kegiatan pencanangan bulan bakti dasa wisma merupakan inovasi yang diciptakan oleh PKK Kota Payakumbuh dan kemudian diikuti oleh daerah-daerah lain di Sumatera Barat.

"Tahun ini adalah pencanangan yang Ke VI di Kota Payakumbuh, dan kegiatan pencanangan ini pertama kali diinisiasi oleh Kota Payakumbuh, setelah itu baru diadakan juga oleh propinsi dan juga kota serta kabupaten lain di Sumatera Barat," ungkap Ny. Henny Riza Falepi.

Ditambahkan, kegiatan Bulan Bakti Dasa Wisma merupakan sebuah upaya yang terus digerakkan oleh TP PKK Kota Payakumbuh bekerjasama dengan beberapa OPD terkait untuk dapat memberdayakan keluarga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Kita ingin mewujudkan Visi Walikota dan Wakil Walikota yaitu menuju payakumbuh menang dalam artian kesejahteraan masyarakat meningkat dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan kelompok dasa wisma di kelurahan-kelurahan," jelas Henny.

Dikatakan, berbagai program terus digulirkan TP PKK Kota Payakumbuh dalam rangka mewujudkan visi kesejahteraan tersebut.

"Kita terus gerakkan HATINYA (Halaman Asri, Tertib, Indah dan Nyaman) PKK berupa pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman produktif seperti sayur, buah, bunga dan lain lain, sehingga bisa menopang ekonomi keluarga," tambah Henny.

Henny mengharapkan dukungan semua pihak termasuk pimpinan OPD di Kota Payakumbuh untuk bersinergi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Payakumbuh.

Sementara, Sekda Kota Payakumbuh, Benny Warlis dalam sambutan pembukaan mengajak kader kader dasa wisma untuk berbuat nyata dalam rangka membantu kesejahteraan keluarga.

"Dasa wisma harus memulai dan menunjukkan keteladanan dalam pemberdayaan pekarangan. Pertumbuhan itu mustahil tanpa ada yang tumbuh. Tumbuh itu harus dimulai dari menyemai, menanam, memelihara dan baru dia tumbuh, tanpa dimulai dari menyemai maka dia tidak akan pernah tumbuh," ujar Sekda Benny Warlis.

Ditambahkan, karena itu mari kita mulai dari diri dan lingkungan sendiri, mudah mudahan dengan aktifnya kelompok dasa wisma kita, maka kesejahteraan warga Kota Payakumbuh akan meningkat dengan sendirinya," pungkas Benny Warlis.

Berbagai acara diadakan dalam rangka pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma tersebut. Diantaranya cerdas cermat koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM, IVA Tes dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Penyerahan Bibit Cabe dari Dinas Ketahanan Pangan, Bantuan Bibit Ayam Petelur dari TP PKK Kota Payakumbuh, MoU Hari Peduli Sampah Nasional antara Dinas Lingkungan Hidup dengan PKK serta aneka lomba seperti lomba pesan berantai, lomba yel-yel, tangkelek panjang, stand, dan lain-lain. (Rahmat Sitepu)
 
Top