N3 Payakumbuh - Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018 bakal segera dimulai 23 April mendatang, kesiapan sekolah tentu saja merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar Ujian Nasional (UN) nantinya bisa terlaksana dengan baik dan efektif.

Dalam mempersiapkan pelaksanaan UN sekarang, SMP N 4 Payakumbuh merupakan yang pertama kalinya melaksanakan sendiri Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), setelah tahun sebelumnya menumpang di SMK N 2 Payakumbuh (STM).

Kepala Sekolah SMP N 4 Payakumbuh Defi Marlitra, M.Pd mengatakan di ruang kerjanya kepada wartawan, Senin (19/3) untuk menghadapi UNBK 2018, ruang komputer yang sebelumnya cuma 1, dirombak menjadi 3, itu usaha menyiapkan sekolah menghadapi UNBK. Kapasitas 32 orang siswa dalam 1 ruangan sehingga dapat menampung 96 orang siswa, dan sudah cukup untuk siswa.

“Untuk melengkapi komputer, ada sumbangan dari Dinas pendidikan, sumbangan komite sekolah, lalu ada yang dibeli dari dana BOS 5 unit pertahun. Sekarang SMP N 4 sudah memiliki 66 unit komputer, karena masih kurang, kita meminjam komputer kepada SMA N 4 Payakumbuh sebanyak 26 unit lagi, dan Butuh 30% dari jumlah siswa yang ikut, agar terlaksana secara efektif 3x sesi pelaksanaan UNBK," jelas Kepala Sekolah yang telah menjabat sejak 2013 ini.

"Sampai sekarang siswa diberi simulasi untuk melatih kemampuan dan ketepatan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini. Dan untuk tahun 2018 ada sebanyak 267 orang siswa akan mengikuti UNBK," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top