N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyatakan keberadaan gerakan PKK dengan beberapa program pokok PKK sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Buktinya sudah banyak produk-produk PKK di Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah merambah pasar industri.

Dirinya juga mengatakan PKK juga sudah menjadi mitra pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal itu diungkapkan Bupati Irfendi Arbi saat membuka secara resmi Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di lapangan sepakbola, Kenagarian Sariak Laweh, Kecamatan Akabiluru, Sabtu (10/3).

"Ibu-ibu PKK didaerah kita ini hebat-hebat. Mereka  sangat ulet dalam menjalankan dan menyukseskan 10 program pokok PKK, mulai dari tingkat Jorong, Nagari, Kecamatan hingga Kabupaten. Buktinya ibu PKK di Kabupaten kita sudah banyak menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan beberapa produk sudah ada yang menembus pasar nasional dan internasional," ujarnya.

Menurutnya, pencanangan bulan bhakti Dasa Wisma itu dapat memberikan dampak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu, Bupati menghimbau kepada tiap Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota untuk aktif mengurus dasawisma dan yang belum terbentuk harus secepatnya dibentuk.

"Dasawisma yang kurang aktif harus menjadi aktif, ciptakanlah dasawisma terbaik di tiap Nagari, Kecamatan hingga Kabupaten hingga menjadi wakil ke tingkat Provinsi. Serta melalui Bulan Bakti Dasawisma ini kita dapat mewujudkan keluarga yang taat beribadah, dapat menjalankan 10 program pokok PKK dan hidup rukun dan damai," tutur Irfendi.

Sementara itu, selaku tuan rumah acara Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, Wali Nagari Sariak Laweh, Melda Putra mengucapkan rasa terimakasihnya atas kunjungan Bupati beserta rombongan di Nagari Sariak Laweh.

Dikesempatan itu dirinya menjelaskan kepada Bupati bahwa PKK di Nagari tersebut baru berdiri beberapa waktu lalu dan sudah dapat mewakili Kabupaten Limapuluh Kota ke tingkat Provinsi tahun lalu.

"PKK di Kenagarian kami berdiri terinspirasi dari ibu-ibu yang tidak ingin lagi membeli sayur ke pasar, jadi tercetus ide dari kelompok ibu-ibu di Nagari Sariak Laweh untuk memberdayakan halaman rumah untuk ladang untuk menanam sayur, dan kemudian kelompok inilah yang menjadi cikal bakal pengurus PKK disini,"ungkapnya.

Melda, berharap kedepan dengan pencanangan bulan bakti Dasawisma ini PKK di Nagari Sariak Laweh dan Nagari lainnya lebih berkembang lagi, sehingga dapat mengharuskan Nama Kabupaten Limapuluh Kota ditingkat Provinsi bahkan Nasional nantinya.

"Semoga dengan Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kabupaten ini dapat memotivasi ibu-ibu PKK kita untuk lebih berinovasi dan berprestasi lagi,"pungkasnya.

Seusai memberikan sambutan, acara Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Limapuluh Kota dan di dampingi ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Ny Monalisa Irfendi Arbi dan selanjutnya Bupati berserta rombongan juga menyempatkan melihat dan membeli  produk-produk yang dihasilkan oleh PKK Nagari Sariak Laweh.

Dalam acara tersebut turut hadir Plt Sekda, Taufik Hidayat, OPD Limapuluh Kota, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Ny. Monalisa Irfendi Arbi, Wakil Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Ny. Eka Ferizal Ridwan, Camat se-Kabupaten Limapuluh Kota, Walinagari se- Kecamatan Akabiluru, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan ratusan masyarakat Nagari Sariak Laweh. (Rahmat Sitepu)
 
Top