N3 Payakumbuh - Dalam rangka menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Payakumbuh adakan Musyawarah Cabang (Muscab) di Sarikayo dan Kopi Koto Nan Ampek, Selasa (27/2) malam.

Dalam Muscab tersebut H. Wilman Singkuan Dt Parpatiah. S.Sos, MM terpilih kembali jadi Ketua IPSI Payakumbuh periode 2018-2022. Setelah proses yang demokratis, 13 suara yang memiliki hak suara, sebab 1 perguruan punya 2 hak suara, 7 perguruan yang tergabung dalam IPSI Payakumbuh minus 1 pemilik suara.

Dikatakan H. Wilman Singkuan Dt Parpatiah kepada media online pasbana.com, Rabu (28/2) via selulernya, secara periodik kepengurusan IPSI kota Payakumbuh hingga September 2018. Muscab ini dipercepat karena menghadapi Porprov 2018 di Padang Pariaman.

”Silat merupakan organisasi olahraga berunsur budaya. karena di Sumatera Barat kecenderungannya lebih identik dengan nilai-nilai budayanya, dan perlu kita kembangkan, dalam hal ini prestasinya. Dan saat ini kita fokus menghadapi Porprov 2018 di Padang Pariaman, setelah itu IPSI Payakumbuh bakal fokus menyusun program kerja kedepan," jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya IPSI kota Payakumbuh sudah memberikan bantuan dana pembinaan pada cabang olahraga perguruan pencak silat yang tergabung dalam IPSI kota Payakumbuh baru-baru ini di masing-masing gelanggang perguruan. Dan kita berharap dana itu dapat dipergunakan untuk pembinaan atlet dan pelatih.

”Dan untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018, bulan Maret ini kita mengadakan seleksi atlet Pra Porprov yang akan berlaga pada pertandingan nanti secara transparan. Selain melakukan seleksi, kita terus berupaya berpacu melakukan pelatihan dan pembinaan kepada para atlet untuk meningkatkan kemampuan para pesilat menghadapi pertandingan yang diselenggarakan pada masa-masa yang akan datang," kata Wilman Singkuan.

Wilman menambahkan, ia akan membangun konektifitas dengan seluruh stakeholder yang ada di kota Payakumbuh agar silat dapat dikenal oleh generasi penerus, yang tidak menutup kemungkinan akan tampil diajang silat tingkat International mewakili Payakumbuh, serta dapat membawa dan mengharumkan nama daerah kota Payakumbuh  kedepannya.

Muscab ini juga dihadiri Ketua KONI Payakumbuh H Yusra Maiza didampingi Sekretaris Osti Mardi. S.Pd dan Bidang Organisasi Dadang Priansa YMS sekaligus melanjutkan proses pemilihan berikutnya. Dan terpilih secara demokratis Ketua Harian I Herman SPd, Ketua Harian II Syafrizal, spt Sekretaris Antonius st , dan Bendahara kembali dipercayakan kepada H Irwan Boer.

Sebelumnya Ketua KONI Yusra Maiza, berharap hasil pemilihan tersebut dapat diterima oleh semua pihak, karena kita bakal menghadapi Porprov 2018 dan bagaimana agar IPSI Payakumbuh selalu eksis dan bisa meningkatkan prestasi para atletnya dalam cabang olahraga pencak silat kedepannya. (Rahmat Sitepu)
 
Top