N3 Payakumbuh - Warga Kelurahan Ikua Koto Dibalai patut bergembira. Pasalnya di kelurahan mereka saat ini sudah berdiri kantor lurah yang baru. Kantor Lurah tersebut dibangun sejak 2017 dengan anggaran lebih kurang 450 juta dan diresmikan oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka Ampek Suku, Selasa (06/02). 

Dalam peresmian kantor lurah yang berlokasi di lingkungan Pasir itu, turut hadir Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Kepala Dinas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Marta Minanda, Kanitbinmas Polsekta Payakumbuh Taufik, Ketua LPM Datuak Rajo Malikan, dan Tokoh Masyarakat setempat Mustafa serta puluhan masyarakat Kelurahan Ikua Koto Dibalai. 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Yon Alnis mengatakan bahwa kantor Lurah Ikua Koto Dibalai merupakan kantor Lurah yang paling megah diantara kantor lurah yang ada di Payakumbuh. Untuk itu ia berterima kasih kepada Pemko Payakumbuh yang sudah membangunnya. 

"Terima kasih pak wali. Ini juga buah dari kesadaran masyarakat yang bersedia untuk menggabungkan kelurahannya dari empat Kelurahan, Balai Cacang, Muaro, Pasir, dan Taruko menjadi Kelurahan Ikua Koto Dibalai," ujarnya. 

Ketua LPM Datuak Rajo Malikan menyampaikan penggabungan kelurahan sudah sesuai secara historis yang dulu memang satu secara pemerintahan. Di sisi lain ia mengusulkan pembangunan pagar untuk kantor lurah tersebut. 

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi langsung merespon usulan Ketua LPM tersebut. Ia memerintahkan camat untuk menganggarkan tak hanya pembangunan pagar namun juga pembangunan lanskap. Ia berharap dengan adanya kantor lurah yang baru, pelayanan aparatur pemerintahan juga harus ditingkatkan. 

"Kantor lurah baru, juga harus semangat baru untuk melayani masyarakat. Saya selalu berusaha memangkas pelayanan sehingga masyarakat lebih dekat berurusan. Kalau bisa segala urusan selesai di Kelurahan maupun di Kecamatan," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top