N3 Payakumbuh - Dalam rangka meningkatkan kualitas, kuantitas dan jangkauan pelayanan KB Kesehatan, meningkatkan kualitas pemberdayaan, ketahanan keluarga serta untuk memantapkan peran kelembagaan KB dan 10 Program Pokok PKK di Kota Payakumbuh, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Payakumbuh menggelar Lomba Kader Keluarga Berencana (KB) Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018. 


Kegiatan yang digelar di Aula Dinas P3AP2KB itu dibuka oleh wakil ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Magdalena Erwin Yunaz yang juga bertindak sebagai salah satu juri. Selain itu juga hadir dari Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kader IMP. 


Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kota Payakumbuh, Syahnadel Khairi melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan KB, Usfa Haryanti dalam sambutannya mengatakan bahwa Lomba Kader KB merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BKKBN Tingkat Kota sampai ke Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Maret depan.


“Salah satu tujuan Lomba BKB adalah untuk merekrut atau menjaring kader potensial dalam menanamkan kepada orang tua agar tetap memperhatikan perkembangan anak secara komprehensif”, ujar Ulfa Selasa (20/2).  


Ia juga menambahkan, melalui program-program pelayanan yang ada di BKB, para kader akan membimbing ibu-ibu anggota BKB dan memberikan keterampilan tentang pola pengasuhan dan mendidik anak yang baik. Lomba BKB tersebut digelar Rabu (14/2) di Aula Dinas P3AP2KB Kota Payakumbuh di Kawasan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat. Sebelumnya lomba juga telah dilakukan Rapat Koordinasi dan Persiapan kegiatan bidang PPKB pada tanggal 26 Januari lalu. 


Lomba Kader KB tersebut terdiri dari 8 Kategori Lomba, dimana 3 lomba merupakan lomba yang disertai presentasi dan ekspose. Kategori lomba tersebut diantarannya, Lomba Kader Bina Keluarga Balita (BKB), Lomba Kader BKL, Lomba Kader IMP, Lomba Pasangan Keluarga Harmonis dan lainnya.  


Dengan adanya Lomba BKB bisa bermanfaat bagi orang tua dan anak, diantarannya adalah orang tua  Agar dapat mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dan mengasuh, Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar. (Rahmat Sitepu)

 
Top