N3 Payakumbuh - Pendidikan merupakan hal yang amat penting untuk mencetak sumber daya manusia suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi muda yang berkualitas, begitu juga sebaliknya, pendidikan yang hanya diurus secara asal asalan, sarana prasarananya tidak dilengkapi maka  produk pendidikan juga swadaya, tidak akan lahir manusia unggul.

Oleh karena itu pendidikan harus diurus secara serius dan itu dibuktikan oleh pemerintah indonesia dengan mengalokasikan 20 persen Anggaran nya untuk sektor pendidikan sesuai dengan amanat undang undang.

Hal tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada acara peresmian gedung Aula SMPN 2 Kota Payakumbuh, Selasa (30/1). Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, AH Agustion, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMPN 2 Payakumbuh, beserta tenaga pendidikan, wali murid dan tokoh masyarakat setempat.

Dikatakan Riza Falepi, disamping ketersediaan tenaga pendidik yang berkualitas dan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana yang baik juga menentukan keberhasilan proses pendidikan.

Pihaknya manyambut baik dengan berdirinya aula SMPN 2 Payakumbuh tersebut. "Alhamdulillah,  SMPN 2 telah berhasil membangun sebuah Aula yang bagus dan representatif,  manfaatkanlah dengan sebaik baiknya untuk menunjang prestasi sekolah kedepan," ungkap Riza.

Kepada para siswa yang turut hadir,  Walikota Payakumbuh agar merawat fasilitas yang telah disediakan pihak sekolah. "Tolong kepada siswa, harap dijaga fasilitas yang sudah bagus ini, jaga kebersihannya, dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat," ajak Riza.

Terkait dengan kebersihan sekolah,  Wako Riza juga menyinggung pentingnya keberadaan WC sekolah yang bersih sehat dan memadai. "Sekarang tidak zamannnya lagi WC sekolah itu bau dan jorok. Kasihan kita lihat anak anak sekolah kita yang terpaksa menahan bau tak sedap selama berada di WC sekolah, paradigma ini harus kita robah," jelas Riza.

Ditambahkan Riza, pihaknya serius membenahi kebersihan WC sekolah dan kapasitas WC yang memadai di sekolah. “Idealnya satu WC untuk 30 siswa artinya, jumlah WC sekolah harus ditambah dan disesuaikan dengan jumlah siswa," ulasnya.

"Khusus untuk WC sekolah, saya anggarkan dana satu milyar untuk satu sekolah. Tahun ini kita berikan kepada SMP 2 dan SMP 4, silahkan dimanfaatkan, bikin WC yang bagus dan layak buat anak anak kita," simpul Riza Falepi (Rahmat Sitepu)
 
Top