Gunuang Omeh, Kab. 50 Kota–Dari sekian banyak objek wisata yang ada di Kab. 50 Kota, salah satunya adalah Goa Aie Singkek Jorong Palangki Tangan Nagari Koto Tinggi, Kec. Gunung Omeh Kab. 50 Kota. Di sekitar lokasi ini juga ditemukan Fenomena alam yang langka, penemuan Bunga Raflesia.
Imformasi yang kita dapat dari seorang tokoh masyarakat Metrizal sekaligus Wali Jorong Palangki Tangan pada Sabtu malam (06/01/2018), Metrizal membenarkan adanya kondisi ini.
” Benar, di lokasi kita ada sebuah goa yang dinamai masyarakat Goa Aie Singkek. Secara detail penamaan kita juga kurang tau persis. Bagi yang punya nyali dan ingin melihat rahasia perut bumi Stalaktit dan Stalakmit yang berona indah dan menakjubkan. Silahkan berkunjung ke Kototinggi Kec Gunuang Omeh Limapuluh Kota Sumbar. Goa Aie Singkek akan menjawab rahasia perut bumi yg selama ini blm anda ketahui,” terang Metrizal.
“Selain itu, disekitar goa tersebut kita juga jumpai sebuah Bunga Raflesia cantik. Ini adalah kali ketiganya bungan ini tumbuh di lahan kita. Bunga ini bertahan sekitar 1 bulan baru layu. Sayang, pemenuan yang ketiga ini, Kamis (04/01/2018) makhkota bunga tersebut patah terkena potongan dahan kayu, saat kita membersihkan lahan untuk pengembangan kebun kebun jeruk. Namun ikon ini belum banyak dinas dari pemerintahan yang tau. Kita berharap kedepannya, fenomena dan keindahan alam koto tinggi ini dapat dikenal khalayak umum,” impi Metrizal.
Sementara itu, Walinagari Koto Tinggi, Yoggy yang juga kita hubungi diselulernya pada Ahad siang (07/01/2018) menerangkan memang ada sebuah goa cantik di Koto Tinggi.
Selain keindahan alam dan kebun jeruk, Koto Tinggi juga punya sebuah goa cantik, tepatnya Goa Aie Singkek di Jorong Palangki Tangan Nagari Koto Tinggi. Dan sudah banyak pengunjung dan peneliti yang datang kesana. Namun ikon ini belum terawat semestinya. Saat ini kita sedang ususkan proposal untuk pembangunan jalan menuju lokasi ini. Setidaknya mendatang, dana BUMNag akan kita upayakan untuk merawat lokasi ini. Mohon bantuan agar daerah kami terespose, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” ujar Walinagari.
“Terkait penemuan Bunga Raflesia, kami secara pribadi belum mendengarnya. Kami sangat apresiasi kalau itu memang ada. Ini juga merupakan nikmat besar dari Allah untuk nagari kami. Bunga Raflesia ini adalah bunga langka dan harus dilestarikan. Kita berharap ini jadi perhatian pemerintah,” tukuk Yoggy.ul/impian
 
Top