N3 Payakumbuh - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Payakumbuh, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh laksanakan persiapan lomba kinerja Forikan dan Lomba Gemarikan pada kurikulum PAUD Tahun 2018.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Ketua Dekranasda Hj Henny Riza Falepi, dan sekaligus membuka secara resmi yang juga dihadiri oleh ibu Yohandriwati Syamsu, perwakilan dari Kemenag, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Perwakilan Kecamatan serta perwakilan dari Kelurahan, yang dilaksanakan di Aula Bakinco Resto Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa, (30/1)

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ibu Hj Henny Riza Falepi menyampaikan selama ini lomba hanya dilaksanakan ditingkat kota, sekarang dilombakan tingkat kelurahan, "lomba di tingkat kelurahan untuk gemarikan ini agar lebih ditingkatkan lagi, "imbau Ketua Dekranasda.

Hj Henny Riza Falepi juga berharap kepada Kecamatan dan kelurahan untuk dapat menganggarkan dana di tingkat kelurahan, mudahan kedepannya terealisasi dan dapat meningkatkan program kerja dari Forikan dan PAUD, "harap Ketua Dekranasda Ibu Hj Henny Riza Falepi.

Kepala Dinas Pertanian yang diwakili oleh Kabid Perikanan Betri Yetti menyampaikan kriteria pedoman umum kinerja forikan ditandai dengan telah melaksanakan kegiatan gemarikan melalui kegiatan PKK kelurahan, Dasawisma, posyandu, KWT kelompok tani Lansia, dan lainnya dalam bentuk penyuluhan lomba dan acara lainnya.

Betri Yetti juga Menambahkan, melaksanakan evaluasi konsumsi ikan di kelurahan, "rata-rata konsumsi ikan perminggu 4kg per 4 orang per minggu = 1kg per (kap) per minggu (52kg/kap/tahun), serta implementasi kurikulum PAUD, tersedianya kurikulum, Menu olahan, kolam ikan, serta yang berkaitan dengan gemarikan, "terang Kabid Perikanan.

Ekspose di sampaikan oleh 10 orang utusan dari masing-masing Kecamatan yang mana mengutus dua orang untuk menyampaikan ekspose yang mana kategori pertama, kinerja Forikan kelurahan dan Implementasi Gemarikan pada PAUD tahun 2018, diantaranya adalah Dini Sasrawati Kelurahan Payobasung dan Syahrul Kelurahan Koto Panjang Padang.

Bagi kelurahan dan PAUD yang terpilih nantinya akan diutus sebagai peserta lomba di tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 dan akan dilaksanakan pembinaan serta bimbingan ke lapangan (Rahmat Sitepu)
 
Top