N3 Payakumbuh - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Payakumbuh terus bergerak cepat menyelesaikan sejumlah program kerja. Mengawali tahun 2018, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh kembali melahirkan inovasi baru, yakni tetap melayani Masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan pada hari libur. Menurut rencana, hal tersebut akan dimulai perdana pada Minggu (7/1). Jam pelayanan akan dimulai pada pukul 08.30 Wib hingga pukul 12.30 Wib.

Dijelaskan Kadisdukcapil Yunida Fatwa kepada wartawan, Sabtu (6/1) via selulernya, mengatakan selain akan ikut turun langsung memantau terobosan baru itu, Yunida bakal mengajak sejumlah Kepala Bidang untuk melakukan pemantauan di hari pertama.

“Memang rencana kita akan tetap melayani masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan pada hari libur (Minggu-red). Untuk sementara kita prioritaskan masyarakat yang mengurus e-KTP (KTP Elektronik), serta Pengurusan Akte Kelahiran. Namun jika ada masyarakat yang terlanjur datang dan keperluan bukan itu, tentu tetap kita layani," sebutnya.

Yunida juga menambahkan, untuk pelayanan e-KTP pada hari Minggu itu, bisa perekaman dan pencetakan. Ia berharap terobosan tersebut bisa terus berjalan. “ Rencana terobosan baru ini akan kita jalankan selama satu tahun kedepan. Dan kita berharap bisa terus berlanjut," terangnya.

Dari data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, hingga akhir Desember tahun 2017 lalu, dari jumlah wajib KTP sekitar 89.673 orang, dan sekitar 86.716 orang diantaranya telah melakukan perekaman e-KTP.

Terpisah, Anggota Komisi C DPRD Payakumbuh Basri Latief mengapresiasi terobosan yang dilahirkan Disdukcapil dalam melayani  masyarakat. Meski melayani dihari libur, Ketua DPC Partai Hanura itu berharap pelayanan kepada masyarakat harus tetap maksimal. “ Tentu kita tetap berharap agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat/warga yang datang tetap maksimal. Sehingga mereka betul-betul terlayani dengan baik. Kita juga apresiasi dengan terobosan ini," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top