N3 Payakumbuh - Musrenbang kelurahan merupakan mekanisme yang harus dilaksanakan pemerintah kelurahan dan menyerap aspirasi masyarakat untuk melaksanakan pembangunan sekaligus acuan bagi Pemerintah kota menggelontorkan program-program sesuai kebutuhan masyarakat.

Untuk mewujudkan pembangunan di Kota Payakumbuh, Kelurahan Bulakan Balai Kandi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat kelurahan bersama seluruh stakeholder yang ada di Kelurahan tersebut baru-baru ini.

Turut hadir pada Musrenbang ini Lurah Bulakan Balai Kandi Hendri Anggota DPRD kota Payakumbuh Wulan Denura, LPM, Niniak Mamak, Alim Ulama, Kader PKK, Bundo Kanduang, Pengurus RW/RT dan Kelompok Tani kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Anggota DPRD Wulan Denura, mengatakan, usulan masyarakat masih terkait infrastruktur pada umumnya, seperti memperbaiki jalan yang rusak, permintaan pembukaan jalan baru, bahu jalan, drainase, plat decker dan bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) serta pembinaan pelatihan untuk berwirausaha.

Akan tetapi kami mengingat hal yang harus diprioritaskan, maka kita minta masing-masing RW mengusulkan 5 usulan dari 3 RW yang ada di kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Dan saya sangat tertarik dengan usulan yang kami rasa sangat urgent sekali,  yaitunya banjir yang nyaris terjadi, jika hujan deras di RW 3, tepatnya Goduang dan kompleks Kopo. Akibat luapan dari Jalan Imam Bonjol,  yang mana drainase belum sepenuhnya ada dan pembuangan akhir yang belum memadai.  ”Hal tersebut perlu kita perjuangkan baik ditingkat kecamatan maupun tingkat kota nantinya," tegasnya.

Diharapkan Wulan, semoga Musrenbang tahun ini bisa menyaring aspirasi masyarakat dan bisa memutuskan prioritas kegiatan yang lebih besar manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat guna kemajuan kelurahan kita.

Ditambahkan Ketua komisi C DPRD kota Payakumbuh Ahmad Zifal mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah akan menam­pung serta memfasilitasi apa yang menjadi harapan bagi masyarakat kelurahan bulakan balai kandi tersebut.

Sebab, Musrenbang yang dilaksanakan merupakan kegiatan tahunan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi masyarakat tak terkecuali bagi kebutuhan Intitusi Pemerintah sendiri, seperti kebutuhan sarana dan prasarana masyarakat.

Musrenbang ini merupakan kesempatan yang sangat strategis bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan warga di kelurahan tersebut. Untuk itu mari kita manfaatkan momen ini seoptimal mungkin, sehingga harapan dan kebutuhan dari masyarakat tersebut dapat tertampung dan terealisasikan pada waktunya.” ujar Ahmad Zifal yang berasal dari dapil payakumbuh barat pada Pileg 2014 lalu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara itu Lurah Bulakan Balai Kandi Hendri, mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat dan seluruh stakeholders yang terlibat dalam Musrenbang Kelurahan Bulakan Balai Kandi, "Terimakasih atas dukungan dari Camat Payakumbuh Barat, unsur pimpinan DPRD dan anggota serta Bappeda,

“Semoga apa yang menjadi usulan nanti bisa mensejahterakan masyarakat dan memajukan kelurahan Bulakan Balai Kandi yang kita sayangi ini, "harapnya (Rahmat Sitepu)
 
Top