N3 Payakumbuh – Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyambut hangat kunjungan para pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) di halaman Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Senin (18/12) siang.

Kunjungan tersebut dalam rangka napak tilas perjuangan PDRI di Sumatera Barat, dimana Payakumbuh adalah salah satu daerah yang menjadi saksi sejarah perjuangan tersebut. Dan dalam kegiatan napak tilas tersebut Payakumbuh menjadi salah satu daerah yang disinggahi dalam rangkaian peringatan hari bela Negara (HBN) ke-69 tahun 2017 yang diperingati setiap 19 Desember.

“Selamat datang para pemuda-pemudi Indonesia di kota Payakumbuh. Melihat perjuangan adik-adik yang tergabung di Menwa ini, mengingatkan saya akan masa lalu. Di mana semasa kuliah dulu saya juga sempat bergabung bersama Menwa dan orang tua saya sendiri juga merupakan salah satu pejuang di kota ini, ” ungkap Wawako.

Wawako Erwin mengajak seluruh warga negara untuk menjaga kemerdekaan dan gelorakan semangat bela negara.

“Menjadi tugas kita bersama menjaga anugerah kemerdekaan yang kita terima selama ini. Mari kita terus jaga dan pertahankan semangat bela Negara ini, sehingga anak cucu kita di masa yang akan datang masih bisa merasakan kemerdekaan yang kita nikmati ini, ” harap Erwin.

Selanjutnya, Erwin Yunaz juga berharap kepada peserta untuk ikut merasakan semangat juang para pahlawan yang ada di Sumatera Barat dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sementara itu, Dasril selaku Dansatgas atau ketua panitia pelaksana dengan keseharian sebagai tenaga ahli Mahkamah Kehormatan DPR RI, melaporkan bahwa peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 571 orang dari 27 provinsi.

“Rangkaian kegiatan bela Negara yang bertema “PDRI Sebagai Kajian Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI dan Nilai-nilai Juang 45″ tersebut berlangsung selama 4 hari. Dimulai pada tanggal 16 Desember dengan seminar nasional terkait PDRI di UNP Padang dan Aula Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Dilanjutkan hari berikutnya dengan bakti sosial di Pantai Air Manis Padang. Kemudian hari ini Napak Tilas dan besok ditutup dengan upacara hari bela Negara di Lapangan Singa Harau, Lima Puluh Kota, ” lapor Dasril.

Kegiatan napak tilas tersebut dihadiri pula oleh Asisten II, Amriul, Kabag Protokol dan Dokumentasi Firdaus, sejumlah pimpinan OPD, tersebut ditutup dengan foto bersama dan pelepasan secara resmi oleh Wawako Erwin menuju etape selanjutnya yaitu ke Kenagarian Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota.. (Rahmat Sitepu)
 
Top