Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Pemkab Limapuluh Kota

N3 Limapuluh Kota - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, akan menggelar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama. Seleksi terbuka dengan melibatkan panitia seleksi (pansel) yang dipimpin mantan Sekdaprov Sumbar Rusdi Lubis ini, digelar mulai Senin (6/11).


Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi kepada wartawan, Minggu siang (5/11), mengatakan, seleksi terbuka untuk mengisi jabatan yang lowong ini baru pertama kali digelar di Limapuluh Kota.  Seleksi terbuka ini digelar sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014, Permenpan-RB Nomor 11 Tahun 2017, dan Permenpan-RB Nomor 13 Tahun 2014.


Melalui seleksi terbuka ini, Pemkab Limapuluh Kota, tidak hanya membuka kesempatan kepada ASN yang memenuhi syarat, untuk mengisi 11 jabatan pimpinan tinggi pratama. Tapi juga  berniat membangun sistem merit yang lebih baik untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih optimal, dalam rangka menghadirkan negara ke tengah masyarakat. 


"Pelaksanaan seleksi  terbuka untuk mengisi sebelas jabatan pimpinan tinggi pramata yang baru pertama kali digelar di Limapuluh Kota, sudah mendapat persetujuan dari KASN. Sesuai dengan surat Ketua KASN Nomor: B-2788/KASN/10/2017 tertanggal 31 Oktober 2017 yang sudah kami terima," kata Irfendi Arbi.


Adapun 11 jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini adalah jabatan Asisten Pemerintahan. Kemudian, jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari, jabatan Kepala Dinas Sosial, serta jabatan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga.



Selanjutnya,jabatan Kepala Badan Keuangan, jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, jabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, jabatan Kepala Dinas Perhubungan, serta jabatan Asisten Perekonomian dan Pembangunan.



Disisi lain, Plt Kepala BKP-SDM Limapuluh Kota Aneta Budi Putra mengatakan, seleksi terbuka untuk mengisi 11 jabatan pimpinan tinggi pratama, termasuk jabatan kepala BKP-SDM, melibatkan 5 anggota tim seleksi (timsel). Yakni, Rusdi Lubis, Yohanes Dahlan, Niki Lukviarman, Andrayati,  dan Jayadisman.


Budi menyebut, seleksi terbuka ini dilaksanakan sesuai surat KASN Nomor: R-2797/KASN/10/2017 tanggal 31 Oktober 2017, tentang rekomendasi atas pengaduan terkait pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Sekda dan 7 PPTP (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota. Sesuai rekomendasi KASN terhadap pengaduan tersebut, proses mutasi terhadap PPTP di Limapuluh Kota melalui metode job fit sudah sesuai ketentuan.


"Job fit terhadap PPTP di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota merupakan pelaksanaan rekomendasi KASN, sesuai surat KASN Nomor  B-651/KASN/2/2017 tanggal 28 Februari 2017. Sekaligus hasil job fit ini dijadikan bahan pertimbangan  bagi PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian), dalam rangka meninjau kembali Keputusan Bupati Limapuluh Kota Tanggal 28 Februari 2017," kata Aneta Budi Putra.(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post