N3, Tanahdatar - Masih banyaknya masyarakat, yang belum menjadi peserta KB, membuat BKKBN gencar melakukan sosialisasi. Salah satu upaya untuk menarik minat masyarakat untuk ber-KB adalah dengan menggelar sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif 2017.

Khusus untuk Kabupaten Tanahdatar, jumlah peserta KB baru, mencapai 6.103 orang atau sekitar 62,65 persen dari target. Dengan capaian ini, BKKBN meminta kepada Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) untuk bekerja lebih keras lagi.

“Ini membuktikan jika kesadaran masyarakat untuk ber-KB masih rendah. Karena itu, kami menggelar KIE Kreatif ini. Sehingga masyarakat paham dan mengerti tentang program KB,” ujar Kabid Latbang BKKBN Sumbar, Yusnani saat sosialisasi KIE Kreatif 2017 di Jorong Padangmagek, Kecamatan Rambatan, Tanahdatar.
Tak hanya itu, implementasi program-program KB tentunya tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Karena itu, kepada para peserta KB, juga diharapkan untuk mengajak masyarakat lainnya yang belum ikut KB.

Sehingga sasaran-sasaran program KB yang diharapkan pemerintah hingga ke tingkat pemerintah terendah, bisa tercapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan. 
Anggota DPR RI, Betty Shadiq Pasadique mengaku, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut ber-KB, pihaknya juga telah memperjuangkan anggaran untuk program tersebut. Melalui pembahasan-pembahasan anggaran di legislatif.

Program KB yang ada di BKKBN itu, bukan saja untuk ibu-ibu rumah tangga saja, namun juga untuk kaum pria. Dengan harapan pengendalian jumlah penduduk Indonesia di masa yang akan datang, bisa terlaksana.

“Saya di DPR RI, juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumbar, termasuk Tanahdatar. Salah satunya dengan ikut program ber-KB. Karena di sini juga ada program peningkatan ekonomi keluarganya,” akunya.(zul)
 
Top