Ketua Komisi V DPRD Sumbar Supardi ; Payakumbuh Botuang Festival 2017 Jadikan Sebagai Ajang Jati Diri

N3 Payakumbuh - Ketua Komisi V DPRD Sumbar Supardi pada iven Payakumbuh Botuang Festival  2017 menjelaskan bahwa diharapkan dengan adanya festival ini dapat membuat Payakumbuh sebagai salah satu kota penting di Sumatra Barat memiliki jati diri. Sebab selama ini, Payakumbuh yang dikenal dengan jajanan malam atau kuliner malamnya belum mampu menjadikan kota yang menjadi perlintasan Sumbar-Riau ini memiliki ciri khas dan jati diri yang membuatnya lebih dikenal tidak hanya dalam provinsi tapi juga nasional dan mancanegara.

"Semoga adanya festival ini dapat menyadarkan masyarakat dan pemerintah bahwa sudah saatnya Payakumbuh yang sudah dikenal banyak orang memiliki jati diri dan ciri khas. Contohnya mungkin sebagai Kota Kuliner atau Payakumbuh Kota Festival, dimana akan banyak festival yang diselenggarakan baik itu tingkat kecamatan atau tingkat internasional seperti sebelumnya pernah ada Payakumbuh World Music Festival dan Payakumbuh Fashion Week," kata politisi Supardi ini selesai acara Night Festival (28/11)

Selama ini dikatakannya, Nagori Aua Kuniang ini dikenal sebagai Kampung Pengrajin Bambu dimana masyarakatnya kebanyakan berprofesi sebagai pengrajin bambu. Namun hal ini tentu belum membuat masyarakat setempat memiliki penghasilan lebih karena kerajinan yang selama ini terbatas di anyaman bambu, pagar, kandang ayam, dan bentuk kerajinan lainnya.

"Kita berharap adanya Payakumbuh Botuang Festival 2017 ini tentu dapat memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat setempat. Semoga dengan diketahuinya banyak manfaat dan potensi bambu ini ke depan dapat membuat masyarakat sadar dan terus berupaya berinovasi dalam melakukan pengolahan terhadap bambu ini. Sehingga industri dan ekonomi kreatif yang ada dapat meningkat," ujar Supardi. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post