Perpustakaan Kelurahan Taratak Padang Kampuang Terima Award Terbaik 2017

N3 Payakumbuh - Dalam rangka malam puncak kegiatan Regional Meeting Perpustakaan Seru (Perpuseru) perpustakaaan kelurahan Taratak Padang Kampuang Kota Payakumbuh raih Award (penghargaan) Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2017. Penyerahan Penghargaan diberikan oleh Erlyn Sulistyaningsih selaku Direktur Program Perpuseru (Perpustakaan Seru) itu berlangsung pada malam puncak acara Regional Meeting 2017 Bacth 2 di Hotel Santika Premiere Harapan Indah Bekasi ( 12/10). 

Acara Regional Meeting 2017 Bacth 2 diselenggarakan oleh Perpuseru bekerjasama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) yang diadakan dari tanggal 9 s/d 12 Oktober 2017 yang mengambil tema " Regional Meeting Bacht 2 (RM2)". 

Kegiatan  ini diikuti oleh 32 Perpustakaan Daerah dan 218 Perpustakaan Kelurahan, Desa, dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)  yang sudah menjadi mitra Perpuseru. Peserta datang dari Sumatera dan Jawa Tengah dengan total jumlah peserta 300 orang. 

Terkait pemberian award ini, Erlyn menyampaikan bahwa “Perpustakaan harus kreatif dan inovatif menuju masyarakat sejahtera”, jelas Erlyn dalam pidato yang dibacakannya.

Dari kota Payakumbuh yang sudah menjadi mitra Perpuseru yang berpartisipasi dalam kegiatan Regional Meeting ini terdiri atas 1 (satu) perpusda dan 9 (sembilan) perpustakaan desa yaitu: Perpustakaan Daerah Kota Payakumbuh, TBM Menara di Kelurahan Koto Panjang Padang, TBM Sunrise di Kelurahan Labuah Basilang, Perpustakaan Kelurahan Payolansek, Perpustakaan Kelurahan Limbukan, Perpustakaan Kelurahan Payobasung, Perpustakaan Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Perpustakaan Taratak Padang Kampuang, Perpustakaan Kelurahan Tigo Koto Diate, dan TBM Intro di Kelurahan Padang Tohang Balai Nan Duo. 

Partisipan perpustakaan kelurahan tersebut sebelumnya masing-masing mendapatkan bantuan 3 (tiga) unit komputer dari Perpuseru.

Kegiatan Regional Meeting sangat bagus untuk diikuti, karena pada kegiatan tersebut menampilkan keberhasilan-keberhasilan perpustakaan dari daerah-daerah sehingga para peserta yang hadir dapat saling belajar dari keberhasilan tersebut, ungkap Zulinda Kamal, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan saat dihubungi. 

Selain dari penilaian performance perpustakaan, dalam acara Regional Meeting ini juga dilaksanakan beberapa lomba seperti lomba menghias lapak yang isi lapaknya adalah hasil UMKM dari perpustakaan masing-masing. 

Selain itu juga ada lomba kostum daerah terbaik, dalam lomba kostum daerah terbaik ini Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh Ir. Zulinda Kamal berhasil masuk dalam 10 besar kostum terbaik. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post