N3 Limapuluh Kota - Kabupaten Limapuluh Kota kembali sukses merebut juara umum Livestock Expo tahun 2017. Dengan begitu, daerah ini sudah empat kali berturut-turut mempertahankan predikat terbaik di Sumatera Barat. Atas prestasinya itu, Kabupaten Limapuluh Kota tidak hanya membawa pulang piala bergilir tahun 2017, namun juga berhak menyimpan piala bergilir sebelum menjadi piala tetap.

Bupati Limapuluh Kota Ir. H Irfendi Arbi, MP mengaku gembira dan berharap prestasi itu menjadi motivasi untuk membangun sektor peternakan yang lebih baik lagi. Menurutnya, sukses merebut juara umum berulang kali, membuktikan kabupaten ini selaku daerah sentra produksi peternakan yang handal dan patut mendapat acungan jempol.

“Kita mengapresiasi dan berterimakasih kepada peternak, pelaku agribisnis dan pemerhati peternakan serta semua pihak termasuk jajaran dinas peternakan yang telah berkontribusi hingga kita sukses meraih juara umum pada Livestock Expo di Kabupaten Solok Selatan tahun 2017 ini,” ungkap Bupati Irfendi saat menerima piala juara Livestock Expo itu dari Kepala Dinas Peternakan dan Keswan setempat Ir. Priyadi Budiman di rumah dinas bupati, kemaren.
 
Irfendi juga berharap, prestasi itu dapat diiringi dengan upaya peningkatan produktifitas, efisiensi serta daya saing produk peternakan di daerah ini. Selain itu juga diharapkan dengan adanya peningkatan populasi ternak yang nantinya akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Ir. Priyadi Budiman menyebut, selain juara umum pada Livestock Expo tahun 2017 di Solok Selatan, sebelumnya Kabupaten Limapuluh Kota juga berhasil menempati posisi teratas pada Livestock Expo tahun 2016 di Pasaman Barat, Livestock Expo tahun 2015 di Kabupaten Limapuluh Kota, serta Livestock Expo tahun 2014 di Kabupaten Damasraya. Bahkan pada tahun 2011 silam daerah ini juga sukses menjadi juara satu ketika Livestock Expo-nya digelar di Kota Solok. Artinya daerah ini sudah lebih empat kali menjadi juara umum di Sumatera Barat.
 
Dengan kembali diraihnya juara pertama dalam Livestock Expo tahun 2017 ini, berarti Kabupaten Limapuluh Kota sudah lebih empat kali berturut-turut menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Lebih menggembirakannya, sejak empat tahun terakhir juara umum sudah menjadi langganan kita,” tutur Priyadi yang akrab disapa Adek.
 
Dikatakan, dalam Livestock Expo tahun 2017 itu kontingen daerah ini berhasil merebut juara 1 masing-masingnya kriteria Anak Sapi Simental Betina milik Zulfadli asal Jorong Siamang Buni, kriteria Sapi PO Jantan milik Dt Sati asal Jorong Tanjung Kubang dan kriteria Kambing PE Betina milik Sukadi warga Jorong Parak Lubang. Sedangkan juara 2 masing-masingnya pada kriteria Sapi Simental Hasil IB Betina milik Ir H Akmal asal Jorong Balubuih,  kriteria Sapi Simental Hasil IB Jantan Wirman asal Jorong Pakan Sinayan, kriteria Sapi PO Betina miliki Syaiful warga Jorong Tanjung Kubang, kriteria Kerbau Betina milik Sofyan Dt Lauk asal Jorong Piladang, kriteria Sapi bali betina kepunyaan Jhon Koto asal Jorong Koto Lamo, kriteria Anak Kambing PE Jantan dan kriteria Anak Kambing PE Betina kepunyaan Sukadi asal Jorong Parak Lubang.
 
Berikutnya juara 3 masing-masing diraih Anak Sapi Simental Jantan milik Hendri warga Jorong Mungka Tangah dan kriteria Sapi Bali Jantan milik Jhon Koto asal Jorong Koto Lamo. Selain itu daerah ini juga sukses menempati juara pertama stand pameran dan lainnya.
 
“Dalam livestock ekspo kali ini kita kembali mendapatkan hadiah juara umum livestock expo dan hadiah juara umum kontes ternak. Selain piala bergilir, piala bergilir tahun sebelumnya juga tetap berada di Kabupaten Limapuluh Kota,” ucap Adek.(Rahmat Sitepu)
 
Top