N3, Sumbar ~ Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah Tour de Singkarak (TdS) 2017 dengan menggelar Festival Seribu Rumah Gadang untuk menghibur pebalap dan media peliput.

"Nanti kami fasilitasi awak media untuk bisa merasakan sensasi menginap di Rumah Gadang dan menikmati sajian kuliner khas daerah," kata Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, di Padang, Rabu.

Solok Selatan dipastikan bisa menjadi salah satu daerah yang dilewati pembalap TdS.

Sebelumnya, akibat kerusakan jalan Solok Selatan diperkirakan batal ikut TdS.

"Kesempatan yang didapatkan Solok Selatan ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, salah satunya dengan prosesi penyambutan dan atraksi seni dan budaya daerah yang terintegrasi dengan Festival Seribu Rumah Gadang," ujar dia.

Dengan dukungan media, menurut dia, Festival Seribu Rumah Gadang yang baru pertama kali digelar tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata unggulan, tidak saja untuk Sumbar tetapi juga untuk Indonesia.

Muzni juga memuji tekad yang ditunjukkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit terus mengupayakan agar daerahnya bisa tetap dilalui TdS 2017.

Wakil Gubernur Nasrul Abit mengatakan kepastian Solok Selatan bisa menjadi salah satu tuan rumah TdS diterima setelah kunjungan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi Sumbar.

Bahkan, Menteri PUPR menyampaikan keinginannya untuk ikut terlibat dalam grand start TdS 2017 di Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, TdS awalnya direncanakan 10-18 Oktober 2017, kemudian ditunda 18 hingga 26 November 2017 agar persiapan lebih maksimal.

Grand start di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, dan finis di Kota Wisata Bukittinggi.

"Persiapan terus kami kebut. Besok, Kamis (7/9), kami rapat untuk memastikan rute dan menegaskan komitmen daerah yang ikut menjadi peserta," ujar dia.

Menurut rencana Tour de Singkarak ke-9 tahun 2017 akan menempuh sembilan etape, masing-masing etape pertama Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 kilometer, etape kedua Painan-Sawahlunto sepanjang 166 kilometer.

Etape ketiga Muaro Sijunjung-Pulau Punjung 100 kilometer, etape keempat Danau Singkarak-Payakumbuh 135 kilometer, etape kelima Lembah Harau-Padang Panjang 101 kilometer.

Lalu etape keenam Kota Solok-Padang Aro Solok Selatan 140 kilometer, etape ketujuh Pariaman-Pasaman Barat 157 kilometer, etape kedelapan Padang Pariaman-Agam 101 kilometer, dan etape kesembilan Pasaman-Bukittinggi Sirkuit 90 kilometer.

Namun, etape itu masih mungkin untuk berubah sesuai hasil rapat finalisasinya. (*)
 
Top