N3, Solsel ~ Sebanyak 7 Camat dan 3 orang Tata Pemerintahan (tapem) dari Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kunjungan ke Kantor Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ).

Kunjungan tersebut untuk mempelajari perekaman dan pecetakan e-KTP yang sudah berhasil dilaksanakan oleh kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ).

“Mereka ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana pelaksanaan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan), pelayanan rekam e-KTP dan cetak e-KTP,” ujar Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solok Selatan, Efi Yandri.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan hanya bisa melakukan perekaman e-KTP, untuk cetak hanya dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil Pesisir Selatan. “Untuk itulah mereka belajar mengapa Solok Selatan bisa, Pesisir Selatan seharusnya juga bisa,” ujarnya.

Pengadaan cetak e-KTP di Kecamatan SBJ berfungsi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan memudahkan masyarakat sekaligus menekan biaya transportasi masyarakat. “Cukup di kantor kecamatan sudah bisa melakukan perekaman dan pencetakan KTP,” ujarnya.

Pihaknya mengaku sudah mengajukan pengadaan mesin cetak e-KTP untuk seluruh kecamatan di Solok Selatan. “InsyaAllah dianggarkan pada tahun 2018,” tuturnya.

Camat Sangir Balai Janggo (SBJ), Muslim mengatakan bahwa kecamatan SBJ diberikan pencetak e-KTP oleh Disdukcapil Solok Selatan atas prestasinya sebagai Camat terbaik di Solsel dan Camat berprestasi tingkat Provinsi serta dinilai sukses melaksanakan PATEN.

“Pesisir Selatan dan Solok Selatan memiliki banyak kesamaan, mulai dari Budaya dan penduduknya. Sehingga kunjungan pessel merupakan cambuk untuk berbuat lebih baik lagi. Kami bertekad untuk selalu berinovasi. Karena kami yakin setelah Pessel akan ada lagi Kabupaten lain yang akan berkunjung ke SBJ,” ujar Muslim

Setelah pertemuan di kantor camat, rombongan melanjutkan kunjungan wisata ke Goa Batu Kapal. “Semoga ilmu yang kami bagikan dapat juga bermanfaat di Pesisir Selatan,” harap Muslim.
 
Top