N3 Payakumbuh - Acara Lamposi Fun bike yang di gelar di kelurahan Koto Panjang Dalam kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Sabtu (19/8) berlangsung meriah. Antusias masyarakat terlihat tinggi dengan tak kurang dari 1000 orang peserta mengikuti kegiatan dalam rangka memeriahkan hut RI ke 72 sekaligus pencanangan kampung KB. 



Semua peserta berkesempatan mendapatkan kupon door prize, dengan hadiah utama Sepeda, serta ratusan hadiah menarik seperti televisi, kipas angin, dan lainnya.


Ketua DPRD kota Payakumbuh, Yendri Bodra, Dt. Parmato Alam, dalam sambutannya, mengatakan,“ banyak cara untuk merayakan kemerdekaan. Bersepeda bersama seperti ini juga salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan dimana muatan utamanya bagaimana membangun kebersamaan dan silaturahmi," ujarnya.


“Disamping mengenang semangat perjuangan para pahlawan dalam bentuk memeriahkan HUT RI ke 72 kita juga berusaha meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kelurahan melalui program keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," ungkapnya.

Jarak tempuh Lomposi Fun Bike ini sepanjang 10 kilometer start dari Koto Panjang Dalam mengelilingi Lamposi Tigo Nagori dan finish kembali ke Koto Panjang Dalam. Semua peserta dengan berbagai usia mulai dari anak anak sampai orang tua ikut ambil bagian dalam iven yang menyehatkan ini.


Wakil ketua DPRD Payakumbuh, Wilman Singkuan, seusai penyerahan hadiah utama berupa sepeda mengatakan kepada media online www.nusantaranews.net bahwa kegiatan sepeda santai ini dalam rangka pencanangan kampung KB sekaligus menyambut HUT RI yang ke 72", sebutnya. 


“Kami mengharapkan khususnya generasi muda masyarakat Latina ini dimasa yang akan datang agar memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam perkembangan pembangunan bagi  bangsa dan bernegara. Baik buruknya suatu Negara, dapat  dilihat dari kualitas pemudanya, karena mereka adalah generasi penerus dan harus mempunyai karakter kuat untuk membangun negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global. Kita juga perlu memperhatikan pemuda, bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agent perubahan sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat," kata Wilman.


“Kami dari legislatif juga mendukung program-program pemerintahan kota payakumbuh. Melalui pencanangan kampung KB ini dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembanguan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis," ulasnya.


Pada kesempatan yang sama Camat Latina, David Bachri, mengatakan, sebelum acara puncak dimulai, juga diawali dengan senam bersama serta pemeriksaan kesehatan gratis dari puskesmas Lamposi. “Semoga kegiatan ini akan semakin meningkatkan semangat nasionalisme dan kebersamaan kita dalam memajukan daerah ini," harap David.(Rahmat Sitepu)
 
Top