N3 Payakumbuh - Pagi hingga petang, pusat kota Payakumbuh dibanjiri puluhan ribu warga kota dan daerah sekitar. Pasalnya pawai alegoris meriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun ini, pawai yang berlangsung sejak pagi hingga petang dan disaat waktu shalat fardhu tiba, panpel menghentikan kegiatan untuk sementara. Teriknya matahari yang menyengat tak menyurutkan semangat serta antusias warga dan peserta pawai. 

Sejak pukul 09.00  pagi, ratusan murid SD, SMP sampai SMA/SMK, sudah tampil beriringan dari GOR M. Yamin menuju ruas Jalan A. Yani menuju ruas Jalan Sudirman dan Simpang Benteng Payakumbuh. Rombongan peserta yang berjalan beringsut didampingi guru dan orang tua bersemangat menuju panggung utama yang berada di depan Kantor POS di pusat kota.

Dipanggung  kehormatan sudah menunggu  Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Waka Polres Kompol. Eddisra, Forkopimda, Asisten I Yoherman, Asisten II Iqbal Bermawi, Kepala Dinas Pendidikan AH Agustion, Kadis Kominfo Elfi Jaya, Ketua GOW Ny. Rasyidah dan sejumlah pimpinan OPD, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kegiatan tersebut diapresiasi Wawako H. Suwandel Muchtar serta anggota Forkopimda, keduanya memberikan apresiasi, bahwa iven yang digelar Dinas Pendidikan itu, sangat luar biasa.

“Iven ini mampu menghibur ratusan ribu masyarakat kota Payakumbuh dan daerah tetangga. Dan kedepan iven ini bisa berjalan lebih baik lagi dan dikemas lebih profesional.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini sangat meriah. Para pelajar yang terlibat sangat luar biasa, mereka bersemangat tanpa terlihat raut wajah letih dan haus.

 Kemudian Wawako Suwandel mengajak para pelajar untuk lebih semangat lagi belajar sebagaimana semangat juang yang dimiliki para pahlawan bangsa.


“Mari, melalui pawai ini kita kenang kembali jasa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan ini dengan pengorbanan. Kita isi kemerdekaan tersebut dengan semangat membangun bangsa ini dengan belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya ", pungkas Wawako Suwandel.(Rahmat Sitepu)
 
Top