N3 Tarakan – Selang Perhelatan STQ Nasional yang diselangarakan pada 13- 23 July, gini gilaran Tuan Rumah Tarakan kembali dipercaya menjadi tuan rumah Rakernas XIII Apeksi 2018 di Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) selesai digelar pada Kamis lalu. Acara ini terbilang ramai karena dihadiri oleh ribuan peserta, acara Apeksi yang diselengarakan pada 2018 di Kota Tarakan  Kalimantan Utara.

Menurut Sofian Raga dalam penutupan APEKSI dikota Malang oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (20/07), para anggota Apeksi seluruh Indonesia terlebih dahulu melaksanakan beberapa sidang pleno. Selain itu, dalam sidang tersebut, juga dibahas tentang kota mana yang akan dijadikan penyelenggaraan Rakernas Apeksi XIII tahun 2018.

“ Setelah di tutup oleh Presiden Jokowi, Tarakan didaulat oleh peserta untuk menjadi tuan rumah APeksi yang Ke XIII pada 2018, dan saya sebagai Walikota Tarakan menyatakan siap menjadi Tuan Rumah” Jelas Sofian  

Sofian menerangkan awalnya ada empat daerah yang menjadi nominator penyelenggaran Rakernas Apeksi tahun depan yakni, Kota Tarakan, Kalimatan Utara, Kota Padang, Kota Mataram, dan Kota Palu, namun dari hasil musyarawarah, akhirnya disepakati Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang akan dijadikan tempat penyelenggaraannya.

Sofian menjelaskan dalam arahannya  Presiden Joko Widodo melalui Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin meminta para anggota Apeksi segera melakukan perubahan di daerah mereka masing-masing.

“Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo mengimbau agar Kota di Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain baik dari infrakstruktur maupun perekonomian demi kejahteraan masyarakat, dan diharapak para walikota mempersiapkan masyrakatnya untuk siap bersaing dalam menghadapi MEA” Jelas Sofian Raga.

Sofian seperti yang mengutip pernyataan Jokowi ke depan Walikota meminta semua daerah khususnya para Walikota mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut, bahkan, ia juga meminta semua jajarannya agar tidak terjebak dalam rutinitas dan pemikiran-pemikiran lama.

Walikota pemerintah Kota Tarakan, Sofian Raga mengungkapkan Ini juga dalam rangka bagaimana kita meningkatkan produksi dalam negeri yang merupakan juga salah satu daya saing kita bagaimana kota Tarakan bisa terus berkembang sesuai dengan potensi yang ada.

Sofian Raga menghimbau agar masyarakat Kota Tarakan semuanya harus siap, kita sukseskan gelas rapat kerja nasional Apeksi XIII tahun 2018 nanti, sehingga masyarakat dan pengusaha sudah bisa beradaptasi untuk kegiatan Apeksi 2018

“Tidak terbatas, silahkan supaya kota ini dinamika ekonominya terus bergerak, skala apa saja yang menjadi potensi regional, nasional, dan internasional karena kita bersyukur sudah didukung oleh infastruktur bandara, pelabuahan, hotel, restoran dan masyarakat yang ramah. Sudah mainkan ini semuanya untuk kebaikan kita semua” ungkapnya.

Sofian Raga juga menjelaskan bahwa Kota Tarakan memang harus banyak-banyak menggelar aktivitas kegiatan di pulau kecil, karena Tarakan dikenal sebagai kota jasa perdagangan.
 (Taufik/Bonar)
 
Top