N3, Padang ~ Hampir 20 tahun, Eka Fardinal mengeluh sakit. Hingga akhirnya sepuluh tahun belakangan pria berusia 38 tahun itu mengalami lumpuh. Kini dia hanya bisa terbaring pasrah digerogoti komplikasi diabetes.

Dulu, Eka adalah harapan keluarga. Dia anak cerdas yang berhasil menamatkan Sekolah Menegah Teknologi Industri (SMTI) Padang dengan gemilang. Prestasi itu mengantarnya bekerja di sebuah perusahaan di Jepang dengan gaji yang cukup besar . Dari penghasilannya, Eka mampu membangunkan rumah yang layak untuk orang tuanya di Anak Aia, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Kondisi Eka sekarang semakin mengkhawatirkan. Keluarga sangat menginginkan kesembuhannya. Telah berulang kali Eka dibawa berobat ke sejumlah Rumah Sakit di Padang, namun belum ada tanda-tanda kesembuhan malahan kondisinya kian lemah.

Hal itu dibeberkan pihak keluarga langsung kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah. Saat itu walikota bersama tim melakukan kunjungan Singgah Sahur Sederhana (Singgasana) ke rumah salah seorang kerabatnya di kampung yang hampir semuanya didiami kaum suku Melayu, menjelang subuh itu.

Spontan Walikota Mahyeldi menjenguk Eka ke dalam rumah. Ia dapati kondisi pria malang itu, sangat memprihatinkan. Dia terbaring lemas di kasur berbusa tipis. Kepalanya ditopang sebuah bantal. Kecuali matanya, sekujur tubuhnya nyaris tidak bergerak ketika dihampiri walikota.

"Sudah coba dirawat di rumah sakit?" tanya politisi PKS yang juga ulama itu.

Menurut keluarga, Eka pernah dirawat cukip lama. Tapi kondisinya tidak ada tanda-tanda akan membaik. Akhirnya, pihak keluarga memutuskan merawat Eka di rumah saja. Hanya pada waktu tertentu dilakukan pengecekan ke Rumah Sakit sekalian mengambil obat.

Kebetulan dalam rombongan walikota ada Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK). Walikota memerintahkan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut kepada Eka. Bila perlu perawatan yang lebih intens akan direkomensaaikan ke RSUD Rasyidin.

"Tolong diperiksa lebih lanjut. Jika peelu perawatan intens tolong dibantu, " kata Walikota.

Pihak keluarga sangat berterimakasih atas perhatian Walikota Padang kepada Eka yang menderita sakit bertahun-tahun. (DU/Yz)
 
Top