N3 Tarakan – Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menyiapkan 1 SSK guna pengamanan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kabupaten Bulungan, Sabtu, (20/5/2017) pagi.

Peringatan Harkitnas di Tanjung Selor dilaksanakan dengan diselenggarakannya pawai keberagaman yang diikuti oleh berbagai organisasi masyarakat (ormas), tokoh masyarakat, pemuka agama dan instansi pemerintahan. Kegiatan yang bertemakan

“Menjaga Kedaulatan NKRI dan Keutuhan Bhineka Tunggal Ika” ini digagas oleh Aliansi Kebhinekaan Tunggal Ika Kalimantan Utara (Kaltara). Terangnya

Dalam pawai tersebut, Brimob Batalyon C Pelopor menerjunkan 1 SSK dari Kompi 1 Pelopor yang dipimpin langsung oleh Komandan Kompi 1 Pelopor Iptu Ma'at. Pasukan Brimob mengawal jalannya pawai yang dimulai dari Lapangan Koni  sampai di depan Tugu Perdamaian. Selain melaksanakan long march, peserta pawai juga membaca  teks pancasila yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bulungan Syarwani, S.Pd, M.Si serta melakukan orasi. Adapun orasi yang disampaikan sebagai berikut:

1. Menolak Ormas anti Pancasila di Kabupaten Bulungan Kaltara
2. Mendukung Pemerintah, TNI dan Polri Penegakan Legimitasi Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Tegakan Supremasi Hukum
4. Menolak Fitnah dan Berita Bohong
5. Menjaga Bhineka Tunggal Ika di Kab. Bulungan Kaltara
6. NKRI harga mati
7. Damai Bulunganku, Damai Kaltaraku, Damai Indonesiaku


Kesatuan kerahkan satu kompi guna mengawal jalannya pawai keberagaman di Ibukota Kaltara” Jelas singkat AKBP Henzly Moningkey, S.I.K, M.Si saat dihubungi via telepon.

AKBP Henzly Moningkey menambahkan, ” dalam memaknai Harkitnas, jangan hanya penyelenggara negara, jangan hanya penegak hukum, tapi kita semua juga harus bangkit untuk membuat Indonesia ini jauh lebih jaya.”


Dikonfirmasi secara terpisah, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Heri Heryandi, S.I.K mengatakan bahwa dalam mewujudkan kebersamaan khususnya warga Bulungan agar tidak memilah-milah atau membeda-bedakan antara suku, ras dan agama.

“peringatan Harkitnas dengan menggelar pawai keberagaman di Tanjung Selor diharapkan dapat diimplementasikan oleh masyarakat dengan menjalin kebersamaan tanpa memilah-milah atau membeda-bedakan antara suku, ras dan agama guna mewujudkan kedamaian dan kenyamanan serta Kamtibmas yang kondusif,”ungkap Kombes Heri Heryandi kepada tim Wartawan. (Bonar Sahat)

Cuplikan Berita

 
Copyright © Nusantaranews All Right Reserved