N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2017-2021 di Aula Kanwil Kemenag Sumbar. Adapun Ketua Umum LPTQ Sumbar terpilih Wakil Gubernur Nasrul Abit dan Ketua Harian Drs. H. Damri Tanjung,MA.

Hadir Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPTQ Kabupaten / Kota se Sumatera Barat, Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Kemenag Sumbar.
Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan, diharapkan semua pengurus LPTQ dapat menjalankan amanah tugas dengan baik, dengan satu indikator berprestasi dan naik peringkat dalam setiap kegiatan Musabah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang membawa nama baik Sumatera Barat di pentas nasional.
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mendukung penuh kegiatan LPTQ, selain kegiatan siar agama dalam membaca Al Qur'an karena Sumbar yang dikenal dengan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Dan kegiatan LPTQ merupakan salah satu implementasi dari filosofi tersebut, bagaimana membumi di ranah minang ini.
Untuk meraih prestasi tentu diperlukan usaha dan upaya dalam program dan kegiatan LPTQ mulai dari pembinaan dan pengembangan tilawah hingga menciptakan banyak kader-kader kafilah yang setiap perkembangan akan selalu silih berganti dari waktu ke waktu.
LPTQ merupakan lembaga independen dalam menentukan pilihan pembinaan sesuai hasil evaluasi dan penilaian setiap qori- qoriah, hafiz - hafizah, ujar Irwan Prayitno.
Gubernur Irwan Prayitno juga menegaskan, kita tahun sejak tahun 2012 sebelum ada permendagri penghapusan dana hibah, tidak boleh berturut-turut setiap tahun, maka untuk mendukung semua kegiatan LPTQ seyogyanya ada dalam kegiatan di OPD, Biro Bina Mental atau OPD terkait lainnya yang sesuai dengan tupoksinya.
Untuk itu dalam meraih prestasi di setiap MTQ tentu ada langkah-langkah strategis seperti pembinaan kafilah secara terpadu, dengan mendatangkan pelatih dari pusat atau hal-hal cara dengan ukuran standar yang menjadi target, melatih diri qori-qoriah memaksimalkan kemampuan diri, sehingga dapat lebih baik.
Namun untuk itu semua pengurus LPTQ Sumbar hendak membangun sinergitas secara internal semua pihak, kekompakan akan menjadi kekuatan untuk menuntaskan segala persoalan, kekompak juga menjadi semangat untuk meraih juara umum, serunya. Hms
 
Top