N3, Limapuluh Kota - Bupati Irfendi Arbi meminta seluruh camat di lingkungan birokrasi Limapuluh Kota dapat menggali kompetensi dalam hal menjalankan tugas sebagai pelayan dan penyelenggaraan negara. Hal tersebut demi mendorong percepatan pembangunan daerah ke depan, baik terhadap bidang pelayanan maupun pemberdayaan masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan tim penilai camat terbaik 2017 di tingkat provinsi di daerah kita. Mudah-mudahan, dengan support kita bersama, nantinya akan lahir para camat teladan dari daerah Limapuluh Kota ini," kata Irfendi di kantor Camat Payakumbuh.

Menurut bupati pilihan rakyat itu, proses penilaian serta evaluasi terhadap kompetensi pejabat negara sangat dibutuhkan. Apalagi pada jajaran kepala pemerintahan kecamatan yang secara tupoksi kerjanya, menjadi ujung tombak terhadap sistem pelayanan kepada masyarakat.

Karena, ia mengaku yakin, kalau para camat yang ada di Limapuluh Kota, memiliki potensi dan kompetensi mumpuni terutama dalam hal pengelolaan birokrasi. Para camat atau pejabat yang diberikan amanah untuk mengemban tugas jabatan, itu merupakan orang-orang pilihan yang bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Tidak hanya pejabat di tingkat camat atau setingkat eselon III, kita juga bisa pastikan, bahwa penempatan jabatan eselon II, itu tetap melalui uji kompetensi. Jadi, berbanggalah bagi para pejabat kita yang menempati posisinya, karena mereka adalah orang-orang yang berkompetensi, terpilih secara profesional," sebut Irfendi.

Irfendi berharap, penyelenggaraan penilaian kompetensi camat terbaik pada tahun ini, dapat dijadikan sebagai motifasi disamping berkompetisi bagi para camat yang lain, agar terus mengasah serta mendalami pengetahuan terhadap ilmu tata-kelola pemerintahan dan aturan.

Sehingga, ke depan ajang tersebut dapat melahirkan para camat berprestasi yang lebih mumpuni di bidang pemerintahan, agar bisa memberikan dorongan pembangunan dan penguatan bagi daerah. Dalam penilaian kompetensi camat tahap I, tim penilai provinsi Sumatera Barat melakukan penilaian terhadap Camat Payakumbuh, Aimel Nazra.

Aimel Nazra dipilih mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, dalam kompetensi penilaian Camat terbaik 2017 Sumatera Barat, setelah sebelumnya mengikuti ajang seleksi kabupaten. Selanjutnya, jika seandainya terpilih di tingkat provinsi, ia dipastikan bakal dinilai di tingkat nasional, menjadi utusan provinsi Sumatera Barat.(Rahmat Sitepu)
 
Top