N3, Payakumbuh – Untuk mempersiapkan bakat unggul dari siswa tingkat SD se-Payakumbuh Utara dan Latina kembali memulai ajang Festival Lomba Cipta Siswa Nasional (FLCSN) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau dikenal dengan istilah O2SN yang di gelar pembukaannya di Lapangan Poliko Payakumbuh, oleh Hasan Basri, Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh (14/02).
 
Pembukaan yang juga dihadiri Camat Payakumbuh Utara dan Camat Lampasi Tigo Nagari (Latina), para kepala sekolah digelar sangat meriah diawali dengan penampilan atraksi drum band dari siswa tingkat dasar dilanjutkan dengan atraksi parade dari masing-masing siswa yang mengikuti ajang ini.
 
Ajang ini diikuti oleh siswa-siswi berpretasi dalam bidang Olahraga dan Sains, mulai dari kelas 4 dan 5 SD dengan catatan kelahiran maksimum per 1 Januari 2005. Hal ini untuk menjaga kemungkinan jika sang juara ajang ini bisa sampai ke tingkat Nasional tidak akan gugur karena batas usia yang ditetapkan oleh tim penilai Pusat.
 
Senyananya, ajang ini dilakukan secara berjenjang, tingkat Kota nantinya dijadwalkan pada 4 April 2017 mendatang yang selanjutnya diikuti pada tingkat propinsi pada awal Mei 2017, demikian penjelasan dari Wisra Daldi, salah seorang guru olahraga di SD 11 Payakumbuh yang juga ikut mendampingi siswanya dalam ajang ini.
 
Pembukaan digelar sangat meriah diawali dengan penampilan atraksi drum band dari siswa tingkat dasar dilanjutkan dengan atraksi parade dari masing-masing siswa yang mengikuti ajang ini.
 
Jenis cabang olehraga yang dilombakan pada kegiatan ini mencakup cabang karate, pencak silat, bulutangkis, atletik, renang yang akan perpusat di lapangan bola parambahan, imbuh Wisra menambahkan.
 
Sementara untuk cabang Sains akan menilai kemampuan siswa dalam menggambar, bercerita, menulis puisi, cipta puisi, membatik, dan anyaman. "Dengan ajang ini budaya dan keterampilan anak sejak dini bisa ditanamkan untuk menjaga warisan budaya negeri", harapnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top