N3, Padang ~ Terobosan baru dalam era ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah dilakukan Pemerintah Kota Padang. Teranyar, pemerintah setempat meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Surat Keluar Surat Masuk (SISUKMA). Kehadiran aplikasi ini semakin mempertegas Padang sebagai "Smart City".

Kehadiran 'SISUKMA' di tengah-tengah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang membuat surat kertas tidak dibutuhkan lagi. Namun berganti surat elektronik yang ramah lingkungan. Hanya memerlukan perangkat seperti laptop, PC, maupun ponsel berbasis android.

"Aplikasi ini digunakan seluruh OPD Pemko Padang. Untuk penggunaan dapat diakses dengan mengetik 'surat.padang.go.id'," jelas Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi di Balaikota Padang, Jumat itu.

'SISUKMA' merupakan sebuah inovasi dalam mempermudah kerja OPD di segi administrasi persuratan. Aplikasi ini cukup menghemat waktu. Tidak perlu menenteng surat untuk mendapat disposisi atasan. Cukup melalui ponsel atau komputer saja.

Didi akan terus melakukan sosialisasi ke OPD di lingkup Pemko Padang. Sehingga tercipta kesamaan persepsi. Terutama bagi pimpinan OPD.

"Dengan sosialisasi, pimpinan OPD akan memahami manfaat dan implementasi 'SISUKMA' dalam penyelenggaraan administrasi persuratan di masing-masing OPD," tukasnya.

Sementara Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo menyambut baik kehadiran 'SISUKMA' di tengah-tengah ASN Pemko Padang. Hal ini sekaligus menjadi momentum terselenggaranya "Smart City" di Kota Padang.

"Aplikasi 'SISUKMA' sangat tepat dalam mewujudkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan administrasi perkantoran, sekaligus pelayanan prima kepada masyarakat," bebernya.

Walikota menginginkan seluruh pimpinan dan operator pengadministrasian persuratan di masing-masing OPD untuk dapat melaksanakan sistem tersebut dengan baik.

"Semoga setelah ini akan ada inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi lainnya yang dihasilkan oleh OPD lainnya,” pungkasnya.(Charlie)
 
Top