N3, Padang ~ Pemko Padang mulai memfokuskan para relawan kebersihan untuk turun ke seluruh ke­camatan di Kota Padang. Kondisi ini telah dilakukan dan dapat terlihat disetiap tempat yang banyak aktifitas seperti Pasar Tanah Kongsi, ucap Kadis Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin saat ditemui wartawan nusantaranews.net dilapangan.
 
Saat ini relawan kebersihan Kota Padang ini memiliki tiga fungsi yang harus dijalankan, Pertama sebagai pemberi informasi kepada masyarakat, berupa memberikan penjelasan me­ngenai kebersihan.
 
Kedua sebagai pengawas berupa menegur langsung ma­syarakat yang membuang sam­pah sembarangan. 
 
dan Ketiga se­bagai pelaksana, jika terlihat sampah yang berserakan me­reka langsung membersihan tempat tersebut.
 
“Pada tahun 2017 kita tar­getkan setiap kelurahan mem­punyai 10 relawan kebersihan dengan menyediakan anggaran sebesar Rp. 1,5 Miliar,” ucap Al Amin.
 
Sebanyak 350 orang relawan yang direkrut. Nantinya me­reka akan bekerja sela­ma dua bulan untuk percontohan. Setiap re­la­wan akan memperoleh gaji sebesar Rp1.250 juta per bulan, katanya
 
Hal senada juga di­ungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi akan mendukung kegiatan ini yang dinilai berhasil, maka DPRD akan memberikan dukungan penuh untuk melanjutkan program ini pada 2017.
 
“Kita dari DPRD akan men­dukung penuh kegiatan ini, supaya kebersihan Kota Padang semakin terjaga,” tentunya dengan harapan Kota Padang kembali meraih Adipura, ucapnya. Muhidi. $$
 
Top