N3, Padang ~ Jalan mendaki dari Balai Gadang,Kecamatan Koto Tangah menuju kawasan perbukitan, Lubuak Minturun, Kiri dan kanan badan jalan yang recananya dulu jalan pintas menuju Kabupaten Solok daerah curam dan perbukitan menghijau, namun telah banyak bangunan rumah mewah, bahkan area objek wisata. Satu diantaranya Tiger Camp, Lubuak Minturun yang juga baru beroperasi Desember 2016 lalu. Disana Kesbang Pol Kota Padang menggelar Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika, untuk kalangan siswa-siswi SLTP.

Sedangkan kedatangan Wakil Walikota Ir. H. Emzalmi, MS.I disambut ramah Kepala Kesbang Pol Mursalim, Kapolsek, Danramil serta disuguhkan tari gelombang dari siswa-siswi Pertiwi.

Areal lereng perbukittan yang dulunya dikenal dengan “kandang Harimau” itu menyuguhkan alam hutan yang mengagumkan untuk Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika mengusung tema “Melalui Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika Kita Mantapkan Pembauran Bangsa di Kalangan Siswa-Siswi SLTP. Guna memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Maka tak ayal lagi, Wakil Walikota H. Emzalmi tersenyum saat berada di lokasi tersebut, Tiger Camp.

Aktivitas perkemahan bukan asing lagi, terutama bagi generasi muda dan pramuka, kata Wakil Walikota H. Emzalmi membuka Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika tersebut. Dan kegiatan yang dilaksanakan Kesbang Pol Kota Padang salah satu cara yang penting menggelorakan semangat pembauran bangsa secara dini pada siswa siswi.Mereka harus mengerti dan dapat merasakan serta memahami dan menghayati, arti makna pembauran.

Sehingga tercipta generasi penerus yang memiliki sikap mawas diri, tahu diri tenggang rasa, solidaritas sosial ekonomi yang terhadap kebersamaan. Kemudian kesetiakawanan dalam upaya memajukan serta mensejahterakan kehidupan masayarakat, ucap Wawako Emzalmi yang juga ketua BNK Kota Padang.

Jadi dengan digelarnya kegiatan Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika banyak manfaat yang bisa dipetik ana-anak didik, berbagai pemahaman dalam menjalankan kehidupan, bagaimana hidup mandiri, terhidar dari bujuk rayuan barang “haram” Narkoba dan lain sebagainya, tambah Emzalmi.

Sedangkan ketua pelaksana Mursalim yang juga Kepala Kesbang Pol Kota Padang mengatakan, tujuan dari Kemah Bhakti Bhinneka Tunggal Ika mempercepat tercapainya pembauran di kalangan generasi muda khususnya siswa-siswil SLTP se Kota Padang dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga terwujud generasi muda Indonesia yang tangguh, kokoh dan mampu menghadapi tantangan masa depan. Irwandi Rais
 
Top