Nusantara ~ Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, Refrizal mengatakan pihaknya akan segera mendata dan kemudian menaturalisasi lima hingga enam pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar Negeri. Mereka dipersiapkan untuk masuk tim nasional.

"Saat ini baru satu pemain yang masih diproses, lainnya akan diupayakan dalam waktu dekat," katanya saat pembukaan turnamen sepak bola Minangkabau Cup di Padang, Minggu (12/2) lalu.

Ia mengatakan pemain tengah Ajax Amsterdam junior Ezra Walian, yang saat ini proses naturalisasinya masih berada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sedangkan beberapa pemain lain ada di Spanyol, Qatar, dan Italia, salah satunya kiper Juventus Emil Mulyadi.

"Saat ini kami memang selektif dalam melakukan naturalisasi, karena hanya pemain yang dinilai bisa berprestasi dan membanggakan Indonesia yang akan kami proses," tambahnya.

Lanjut dia, proses naturalisasi ini lebih difokuskan kepada pemain usia muda. Pemain-pemain muda ini harus mempunyai standar kelas dunia, seperti Eropa.

"Kami memang sengaja membidik pemain-pemain muda, karena mereka lebih banyak kesempatan bermain.

"Tidak hanya pemain yang dipersiapkan, namun pelatih untuk timnas U-19 harus lebih diperhatikan," pungkasnya.
 
Top