Nusantara ~ Bersamaan dengan tren smartphone yang semakin gencar, power bank pun semakin dibutuhkan oleh banyak pengguna smartphone. Alasannya simple aja, power bank bisa jadi penyelamat yang memungkinkan kamu untuk mengisi ulang baterai smartphone di saat darurat.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya saat ini kamu sudah gak butuh lagi power bank loh!

Bagi yang sering melakukan traveling, power bank bisa jadi penyelamat sekaligus penghambat. Gimana nggak, gara-gara power bank bisa saja beban seorang traveler jadi bertambah dan menghambat perjalanan. Lagian sekarang itu...

1. Sudah Banyak Colokan di Tempat Nongkrong
Saat jalan-jalan bareng teman atau traveling sendirian, tanpa power bank pun kamu gak harus takut kehabisan baterai. Sudah banyak cafe atau warung yang menyediakan colokan gratis untuk memudahkanmu ngecas smartphone. Di kota besar, hampir setiap meja Starbucks Coffee ada colokannya.

Tapi ya inget, kamu harus hati-hati jangan asal ngecas di colokan tempat umum. Kalo mau ngecas di tempat umum, gunakan kabel khusus charger (bukan kabel data), agar terhindar dari hacker yang menggunakan metode Juice Jacking.

2. Sistem Operasi Semakin Efisien
Dulu, smartphone Android dikenal sangat boros baterai. Tapi sekarang Google sudah menjalankan banyak program agar sistem operasi Android yang dikembangkannya semakin efisien dalam mengkonsumsi baterai. Terbukti, sejak program Volta dijalankan, Google berhasil membawa fitur Doze di Android Marshmallow.

3. Baterai Smartphone Semakin Besar
Ngapain ribet-ribet bawa power bank dan kabel ke mana-mana kalo kamu bisa beli smartphone yang dibekali baterai besar? Sekarang sudah banyak smartphone murah yang dibekali kapasitas baterai besar, seperti Oukitel K10000, Asus Zenfone 3 Max, Lenovo Vibe P1, Xiaomi Redmi 3 atau Xiaomi Redmi Note 3, dan masih banyak lagi.

Beberapa smartphone di atas bahkan dibekali fitur Reverse Charging yang memungkinkan mengubah smartphone tersebut jadi power bank. Seperti Asus Zenfone Max dan Zenfone 3 Max. Jadi gak perlu lagi bawa power bank walau punya 2 smartphone.

4. Bersahabat dengan Airplane Mode
Berbeda dengan featured phone, smartphone dibekali dengan fitur airplane mode. Mode ini memungkinkan kamu mematikan semua jalur komunikasi smartphone, tapi tetap bisa digunakan untuk keperluan hiburan atau mengambil foto. Jadi, dijamin baterai kamu akan lebih awet walau dipake traveling seharian.
 
Top